Rahidin Anang : Masyarakat Butuh Pemimpin Berkarakter dan Memberikan Perubahan Untuk Sumsel

Iklan detik Sumsel

Palembang, Detiksumsel.com —Β  Mendekati Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tentu diperlukan sosok Kepala Daerah sekaligus pemimpin yang mempunyai karakter sehingga dapat memberikan perubahan bagi Sumatera Selatan.

Hal itu diungkapkan oleh Dosen Ilmu Komunikasi di berbagai perguruan tingggi baik Negeri maupun Swasta di Sumsel sekaligus pakar komunikasi politik, Dr Rahidin H Anang MS ketika dibincangi di ruang kerjanya, Senin (23/1/2023).

“Saya kira masyarakat butuh orang yang berkualitas yang punya kemampuan dan kemauan untuk membela rakyat karena mencintai rakyat bukan hanya seperti retorika,” ujar Rahidin.

Menurut Rahidin masyarakat saat iniΒ  mencari dan membutuhkan figur pemimpin berkualitas yang benar-benar berani memperjuangkan nasib rakyat termasuk berani mempertaruhkan jabatan, pertaruhkan diri pribadi untuk kepentingan rakyat bukan kepentingan politik.

Dimana empat karakter yang harus dimiliki oleh Kepala Daerah untuk menjadi pemimpin secara teori diantaranya Pendidikan, Finansial yang mendukung, Kesehatan dan Aman, dimana dengan pendidikan mempunyai dan skill yang luar biasa, semakin tinggi pendidikan maka semakin tinggi pengetahuan yang dimiliki sehingga mendorong attitude yang baik untuk perubahan.

“Selain itu kesehatan menjadi syarat dalam memimpin karena memimpin hendaknya dengan sehat jasmani, rohani dan energik serta harus aman karena hidup harus tenang, tidak memiliki musuh,” terangnya.

Selain itu Rahidin menyebutkan bahwa masyarakat butuh kepala daerah yang visioner, mampu melakukan terobosan merubah wajah kabupaten/kota se-Sumsel, menjadi pemimpin yang punya sejarah dan membuka icon sebagai bukti adanya perubahan karena Sumsel merupakan lumbung energi serta potensi sumberdaya alam melimpah yang dapat dimanfaatkan.

“Pemimpin jangan seperti air mengalir apalagi hanya ingin berada di zona nyaman namun berani melakukan perubahan yang paling mendasar, kita ini lumbung energi tapi banyak daerah yang tidak ada listrik dan masih banyak masyarakat kehidupannya di bawah kemiskinan” paparnya.

Ia mengatakan hendaknya pemimpin Sumsel yang akan datang menentukan program target dan keinginan yang akan dicapai terlebih dahulu baru setelahnya menentukan orang yang pantas dan tepat untuk mencapai target tersebut jangan sampai sebaliknya apalagi menerapkan KKN.

“Saya menyarankan pemimpin sumsel kedepan menempatkan orang yang punya kompetensi pada tempat yang tepat, yang layak, piawai dan professional di bidangnya bukan mencari orang dulu baru menentukan target dan programnya hindari KKN demi Sumsel lebih baik” tukasnya.

Komentar