Ramah Lingkungan, Rumah Makan di Muba Pergunakan Pelepah Pinang

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Sekayu, Detik Sumsel – Dinilai ramah lingkungan dan menekan penggunaan plastik, sejumlah pihak terus melakukan upaya yang terus kampanye penanggulangan sampah plastik atau penggunan bahan yang bisa didaur ulang kembali, seperti yang dilaksanakan oleh Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin.

Sejalan dengan kampanye itu, ternyata di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), bukan hanya sebagai daerah penghasil minyak dan gas bumi, ternyata sudah menghasilkan kreasi pelepah pinang yang dimanfaatkan menjadi wadah makanan pengganti styrofoam dan plastik. Sehingga sejumlah Rumah Makan (RM) sudah memanfaatkannya.

Baca Juga :   Ini 3 Pesan Bupati Ogan Ilir untuk Pengurus PMI yang Baru Dilantik

Salah satunya gerai makan laut dan aneka pindang  yang berada di samping Polsek Sekayu, yang kini telah menggunakan pelepah batang pohon pinang sebagai wadah makanan pengganti styrofoam dan plastik.

“Yang jelas kalau pakai pelepah pinang lebih ramah lingkungan, dan harganya lebih murah dibandingkan plastik atau styrofoam,” ungkap Ratna, pemilik gerai makanan.

Ratna mengaku dengan menggunakan pelepah pinang cost pengeluaran kebutuhan operasional RM nya jadi lebih hemat.

“Selain lebih hemat dan ekonomis, dengan pakai pelepah pinang kita sebagai pelaku UMKM di Muba sepakat mendukung gerakan pak Bupati Dodi Reza untuk menciptakan lingkungan yang ramah lingkungan,” tuturnya.

Baca Juga :   Tingkatkan Pengetahuan Administrasi, TP PKK Muba Gelar Pelatihan

Bupati Muba bersama Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza mengapresiasi RM di Muba yang telah menggunakan pelepah pinang untuk dijadikan sebagai pengganti plastik dan styrofoam.

Iklan Detik Sumsel

Komentar