Rektor Yudha Mahyuddin Apresiasi Mahasiswa USS Borong Prestasi Nasional | Detik Sumsel

PKN
Pemprov
Rektor Universitas Sumatera Selatan, Yudha Pratomo Mahyuddin, ST, M.Sc, Ph.D (tengah) didampingi WR I Dr. Ir. Leila Kalsum MT dan WR II Rabin Ibnu Zainal, SE, M.Sc, Ph.D bersama jajaran Pimpinan dan Civitas Akademika USS memberikan apresiasi kepada para mahasiswa USS yang berhasil “memborong” prestasi nasional. Apresiasi dan pelepasan dilakukan di Aula Prof. Mahyuddin, Kampus A USS, Jl. Letnan Murod, Km. 5 Palembang, kemarin.

Rektor Yudha Mahyuddin Apresiasi Mahasiswa USS Borong Prestasi Nasional

Palembang, Detik Sumsel –  Rektor Universitas Sumatera Selatan (USS) Yudha Pratomo Mahyuddin, ST, M.Sc, Ph.D merasa bahagia, bangga, dan bersyukur atas prestasi nasional yang “diborong” oleh para mahasiswa USS (Univ Sumsel) di berbagai event dan level.

Rektor Yudha memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada para mahasiswa USS yang telah berhasil lulus dan “memborong” sejumlah event nasional. Event dan program tersebut diselenggarakan oleh berbagai Kementerian Republik Indonesia dan Instansi/Lembaga lainnya. Pimpinan kampus USS yang mengusung tagline Entrepreneur University–yang berada di wilayah LLDIKTI II ini–juga melepas para mahasiswa USS yang berhasil menerima Beasiswa Kampus Merdeka untuk dikirim ke berbagai Universitas dan daerah di Tanah Air.

Pelepasan dan pemberian apresiasi oleh secara seremoni diselenggarakan di Aula Prof. Mahyuddin di Kampus A USS, Jl. Letnan Murod Km.5 Palembang. Rektor Yudha resmi melepas para mahasiswa USS yang berhasil menyabet Beasiswa Kampus Merdeka sebagai program nasional. Mereka adalah Wahyu Ridho Firmansyah, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi USS menerima Beasiswa di Universitas Islam Bandung. Mutiara Syarafina, mahasiswa Komunikasi USS ke Universitas Armajaya Yogyakarta. Wendi Febriansyah, mahasiswa Agribisnis USS ke IPB University. Annatasya, mahasiswa Komunikasi USS ke Universitas Diponegoro, Semarang. Tri Setyo Wati, mahasiswa Agribisnis USS ke Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

Kemudian, Agung Apri Wijaya Kusuma, mahasiswa Komunikasi USS ke Universitas Pattimura, Maluku. Meita Amalia Azzikri, mahasiswa Komunikasi USS ke Universitas Diponegoro. Diah Lukita Sari, mahasiswa Agribisnis USS ke Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Yogayakarta. Ani Sagita, mahasiswa Komunikasi USS ke Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Selain itu, Tim Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi USS juga mendapat apresiasi atas prestasi luar biasa setelah memenangkan program nasional pemerintah pusat, sebagai satu-satunya PTS di Sumatera Selatan yang berhasil menerima bantuan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Tahun 2022. Tim mahasiswa Ilmu Komunikasi ini ialah M Nur Afriansyah, Reza Mahendra, Tri Ortega, Insan Maulana, Winda Widya Sari, Rizki Eriansyah, Tami Septiani, Hariyadi, Sely Pitri Yani, Ani Sagita, M. Rajab Sapriadi, Fajri Ar-Rahman, Annisa Alfitri, WD Wulandari, Wahyu Ridho Firmansyah.

Masih adalagi sederet prestasi lain, yaitu mahasiswa atas nama Nur Hasanah, mahasiswa Komunikasi USS yang berhasil lulus dalam Program Kampus Mengajar angkatan 4 Tahun 2022. Kemudian, mahasiswa atas nama Puja Wangi Islamey, mahasiswa Ilmu Komputer USS, sebagai peraih Medali Emas Cabor Karate Perorangan Senior Putri di Ajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VI di Sumatera Selatan Tahun 2022.

Di bidang inovasi, mahasiswa USS juga berhasil meraih juara I Lomba Inovasi Pemberdayaan dan Pembangunan Desa (LIP3D) Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2022, dengan judul “Inovasi Terasi Powder Khas Desa Kuala Sungai Pasir”. Mereka adalah Mahasiswa Prodi Ilmu Perikanan USS yaitu Meilusi (ketua), para anggotanya Maya Resta Kanya, Prasetiyo Wibowo, Siska Anggreani, Astri Ardini Febriliani.

Kebanggaan berikutnya ialah prestasi mahasiswa Prodi Ilmu Perikanan USS tim yang lainnya berhasil meraih Juara Harapan III Nasional kegiatan LIP3D di UNY berjudul “Peningkatan Potensi Lokal Desa Kuala Sungai Pasir dengan Inovasi Ikan Gulama menjadi Produk Perikanan Lokal Go Internasional”. Mereka adalah Efano Iga Safitri, Tri Ayu Ulandari, Riski Renaldi, Susi Anggraini, dan Angga Dewa Saputra.

Masih ada program nasional yang “diborong” oleh tim mahasiswa USS, ialah yang berhasil Lulus Kompetisi Program Wiradesa Kemenristekdikti Republik Indonesia. Mereka dari Prodi Ilmu Perikanan USS yaitu Andi Wiradinata, Astri Andini F, Diki Afreza, Efano Iga Safitri, Maya Resta Kanya, Meilusi, Noprian Ibrahim, Siska Anggraini, ditambah Latof Nabila Kulsum (Agribisnis), Agias Berliansyah (Manajemen).

Baca Juga :   Syukuran HUT ke 76, TNI AL dan Keluarga Ikut Berperan dalam Penanggulangan Covid 19

Program nasional lain yang berhasil diboyong ialah tim Mahasiswa USS yang berhasil Lulus dalam Kegiatan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI)-Aquachikponik Kemenristekdikti RI. Mereka dari Prodi Ilmu Perikanan USS, ialah Maya Resta Kanya, Harum Kuwangi, Ike Harizen, dan Tobi. Kemudian, mahasiswa USS atas nama Melusi Prodi Ilmu Perikanan, berhasil masuk 10 besar nominator calon Pemenang IGA kategori Mahasiswa. Dalam program yang diselenggarakan oleh Balitbangda Sumsel itu, mahasiswa USS mengusung judul “Terasi Powder Khas Desa Kuala Sungai Pasir.

Acara pelepasan dan pemberian apresiasi tersebut dihadiri langsung oleh Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, ST, M.Sc, Ph.D. Didampingi Wakil Rektor I Dr. Ir. Leila Kalsum, MT dan Wakil Rektor II Rabin Ibnu Zainal, SE, M.Sc, Ph.D. Jajaran pimpinan USS lainnya juga turut memberikan apresiasi yang tinggi kepada para mahasiswa berprestasi tersebut. Mereka ialah Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. M. Taufik Roseno, ST, MK, Dekan Fakultas Ekonomi Teguh Iman Santoso, S.Sos, MM, Ph.D, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Elmeizy Arafah MS, Dekan Fakultas Komunikasi H. Agus Srimudin, S.Pd.I, M.I.Kom, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Firmansyah SE, MM. Kepala LPPM Selly Ratna Sari, S.Pi, M.Si, Kepala STK Alamsyah Rasyid, MT, Kepala LPMA Budi Fachruddin, SP, M.Si, Ka.Prodi Ilmu Perikanan Donny Prariska S.Pi, M.Si, Ka.Prodi Ilmu Komputer Serly Oktarina S.Kom, M.Kom, Ka.Prodi Ilmu Komunikasi Adli, S.Sos.I, M.Sc, Ka.Prodi Manajemen Santi Oktavianti, S.Pd, MM, Ka.Prodi Agribisnis Yuwinti Nearti SP, M.Si, serta pembina organisasi mahasiswa, para Dosen, dan Civitas Akademika USS.

“Alhamdulillah, kita bersyukur juga merasa bahagia dan bangga atas sejumlah prestasi yang telah diraih oleh para mahasiswa Universitas Sumatera Selatan di berbagai event dan level. Bahkan banyak event level nasional yang berhasil dimenangkan oleh para mahasiswa kita. Begitu juga saya ucapkan selamat untuk para Dosen USS yang berhasil meraih dana hibah Penelitian dan Pengabdian. Ayo, jadikan prestasi-prestasi yang luar biasa ini untuk memacu semangat yang lain agar terus memberikan kontribusi terbaik bagi daerah, bangsa dan negara. Semoga semakin sukses dan maju bersama USS sebagai kampus Entrepreneur University,” ujar Yudha, Rektor USS yang juga mantan Ketua Karang Taruna Sumsel dan HIPMI Sumsel itu lantas senyum semringah.

Wakil Rektor I USS, Dr. Ir. Leila Kalsum MT mengatakan, mahasiswa USS secara continue terus dibimbing untuk meningkatkan prestasi akademik dan kemahasiswaan, baik di dalam kampus maupun di luar, di level provinsi maupun level nasional. “Mutu Pendidikan terus kita tingkatkan, prestasi kita dorong. Begitu juga dengan berbagai perlombaan dan event, terus kita pacu agar para mahasiswa dan dosen USS dapat meraih prestasi terbaik,” ujar Leila Kalsum.

Wakil Rektor II Rabin Ibnu Zainal, SE, M.Sc, Ph.D menyebut, para mahasiswa USS yang berprestasi meraih program nasional dan yang mengikuti program Kampus Merdeka untuk dikirim ke berbagai daerah dan Universitas di Indonesia dibiayai oleh Pemerintah. “Semua sudah kita teken kontrak. Baik kepada mahasiswa program PPK ORMAWA maupun para dosen yang berhasil lulus mendapat dana hibah untuk Penelitian dan Pengabdian. Ditransfer kepada yang bersangkutan. Kita berharap semoga prestasi-prestasi ini bermanfaat dan menjadi kontribusi bagi Universitas, Daerah, Bangsa, dan Negara,” kata Rabin diplomatis.

Baca Juga :   Budidaya Ikan Mas, Sangat Berpotensi untuk Peluang Usaha Bagi Masyarakat Pagaralam

Penghargaan dan apresiasi sebelumnya juga diberikan kepada para Mahasiswa dan Dosen USS yang juga berhasil menyabet sederet prestasi lainnya di berbagai event dan level, baik secara individu maupun team. Teranyar, apresiasi diberikan kepada para Dosen yang berhasil menerima dana hibah nasional dari Pemerintah Pusat untuk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Kontrak telah dilakukan antara Pemerintah dengan Pimpinan USS. Kemudian, dilanjutkan tanda tangan kontrak dengan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USS Selly Ratna Sari, S.Pi, M.Si dan para Dosen USS penerima hibah Penelitian dan Pengabdian.

Rektor USS terus mendorong agar ribuan mahasiswa, beserta dosen dan Civitas Akademika terus meningkatkan prestasi dan mutu dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sekadar untuk diketahui, Universitas Sumatera Selatan atau disingkat USS atau Univ Sumsel ini, memiliki tiga kampus perkuliahan. Kampus A di Jl. Letnan Murod Km.5 Palembang. Kampus B di Graha Bunda Building, Jl. Jend. Sudirman samping flyover Balayudha/Simpang Polda, Km. 4 Palembang. Kampus B berada di kompleks RSU Bunda Medika, Jakabaring. USS memiliki para Dosen yang kompeten dan profesional lulusan dalam dan luar negeri. USS memiliki kerjasama dengan berbagai Instansi dan Lembaga terkait, juga kerjasama dengan berbagai Universitas di Dalam dan Luar Negeri. USS berada dibawah Yayasan P4SS yang diketuai oleh dr. Hj. Halipah Amin, SpTHT, MM. Rektor pertama USS ialah Prof. dr. H. Mahyuddin Ns, SpOG (K).

Kampus USS memiliki lima Program Studi (Prodi) S.1, yaitu Prodi Manajemen, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Komputer, Prodi Agribisnis, dan Prodi Ilmu Perikanan. Semua Prodi Terakreditasi B dan Baik. Biaya kuliah di USS sangat terjangkau. Untuk mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023 ini biaya kuliah masih sama dengan tahun akademik lalu. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) USS 2022/2023 masih berlangsung hingga saat ini. Penerimaan mahasiswa baru USS diberi waktu hingga September 2022. Untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru USS disediakan Helpdesk USS 0813-7775-7772, website: www.uss.ac.id, e-mail: info@uss.ac.id, humas.marketing@uss.ac.id, Instagram: usscampus. Facebook: unisumsel. Youtube: universitas sumatera selatan.

Terkait pengembangan program studi dan peningkatan kapasitas mahasiswa USS, sebelumnya Rektor Yudha Pratomo Mahyuddin juga mengatakan bahwa USS terus mengembangkan diri dan meningkatkan kapasitas untuk menjawab tantangan kemajuan zaman, terutama pada era digital yang sangat canggih, cepat, kaya akan kreasi dan inovasi.

“Untuk saat ini, kita USS telah memiliki 5 Program Studi semua S.1, yaitu Manajemen, Ilmu Komputer, Ilmu Komunikasi, Agribsinis, dan Ilmu Perikanan. Kita juga tengah mengusulkan Fakultas Kedokteran (FK) dan sedang menyiapkan Prodi-Prodi lainnya. Ada banyak pilihan perkuliahan di USS. Antara lain, ada kelas Reguler Pagi, Reguler Sore, dan ada kelas Reguler Weekend untuk Karyawan. Civitas akademika USS memiliki visi besar tentang Entrepreneur University. USS konsen dalam mendidik dan menyiapkan mahasiswa yang Mandiri dan Siap Bekerja. Bahkan, ketika kuliah pun para mahasiswa terus didorong dan dibimbing untuk menjadi calon pengusaha muda, Entrepreneur Muda. Berbagai ide, kreasi, dan inovasi akan digodok dalam pembelajaran dan inkubator bisnis USS, kemudian diharap menjadi sebuah start-up yang baru,” ujar Yudha optimistis. (Bet/ril)



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pelaku Pembunuhan Seorang Wanita di Pagaralam Berhasil Ditangkap Petugas

Pagaralam, Detik Sumsel — Setelah kurang lebih satu pekan lebih diburu Satreskrim Polres Pagaralam, akhirnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.