Renny Bantu Bioflok Kelompok Petani Ikan | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Reses di Kelurahan Kemas Rindo Kecamatan Kertapati Palembang

Renny Bantu Bioflok Kelompok Petani Ikan

Palembang, Detik Sumsel – Untuk mengembangkan budidaya ikan nila di tengah masyarakat, Anggota Komisi IV DPR Hj Renny Astuti SH SpN memberikan bantuan bioflok ke kelompok Kemas Rindu di Kelurahan Kemas Rindo Kecamatan kertapati Palembang.

Menurut Renny bantuan tersebut tidak lain agar para nelayan ini dapat mengembangkan usaha budaya ikan yang dipelihara selama ini.”Sangat bermanfaat untuk masyarakat bioflok ini,”ujar Renny usai melakukan reses perseorangan anggota DPR RI tahun 2021, Kamis (22/7).

Dikatakan Renny, sistem bioflok memiliki sejumlah keunggulan, seperti meningkatkan kelangsungan hidup (survival rate/SR) hingga lebih dari 90 persen dan tanpa pergantian air. Air bekas budidaya juga tidak berbau, sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar dan dapat disinergikan dengan budidaya tanaman misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan.
“Hal ini dikarenakan adanya mikroorganisme yang mampu mengurai limbah budidaya menjadi pupuk yang menyuburkan tanaman,”ujar politikus Gerindra ini.

Baca Juga :   Ekonomi Indonesia Tergantung Peran Kaum Milenial

Keunggulan lainnya adalah Feed Conversion Ratio (FCR) atau perbandingan antara berat pakan dengan berat total (biomass) ikan dalam satu siklus periode budidaya mencapai 1,03. Artinya 1,03 kg pakan menghasilkan 1 kilogram ikan Nila.

“(Itu lebih efisien) jika dibandingkan dengan pemeliharaan di kolam biasa FCR-nya mencapai angka 1,5,”ungkap dia.

Dalam kesempatan tersebut Renny secara langsung melakukan dialog dengan masyarakat, hal tersebut untuk mendengarkan langsung keluhan masyarakat, persoalan nantinya akan disampaikan kepada pihak terkait baik itu di pusat, provinsi maupun pemkab kabupaten kota. (Ril)

Baca Juga :   Sayangkan Gudang Beras Bulog OKI Kosong
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Penuhi Kebutuhan Keluarga Secara Mandiri Melalui P2L

Palembang, Detik Sumsel – Berbagai program dicanangkan oleh Kementerian Pertanian untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *