Resah dengan Ulah Oknum LSM, Kades di OKU Datangi Kantor Bupati | Detik Sumsel
Detik
Aksi damai Kepala Desa di Kantor Pemkab OKU.

Resah dengan Ulah Oknum LSM, Kades di OKU Datangi Kantor Bupati

Baturaja, Detik Sumsel – Ribuan massa Kepala Desa beserta perangkatnya dari seluruh Desa di Bumi Sebimbing Sekundang menggelar aksi unjuk rasa didepan Kantor Bupati OKU, Rabu (29/12).

Aksi unjuk rasa ini digelar buntut dari keresahan para Kepala Desa yang kerap mendapat surat “cinta” dari oknum LSM yang mengusik masalah pembangunan Desa dan mengancam akan melaporkan Kepala Desa ke pihak berwajib.

Ketua Forum Kepala Desa (FKD) Kabupaten OKU Plando mengatakan Oknum LSM ini kerap mengusik masalah pembangunan fisik yang menurut oknum LSM ada penyimpangan, namun pada kenyataannya pembangunan yang dilakukan tidak ada masalah karena sudah diperiksa pihak inspektorat dan sudah diserahkan.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Belatung ini, Pemerintah Desa terbuka untuk Kritik dan Pengawasan asal sesuai prosedur dan aturan yang ada. “Yang kami perangi adalah premanismenya bukan LSMnya Kami Kepala Desa siap bersatu untuk menghadapinya,” ujarnya.

Kades dan Perangkat dalam tuntutannya menyampaikan bahwa mereka merasa resah atah ulah oknum LSM yang kerap menganggu jalannya Program Desa, kondisi ini menurut mereka membuat tidak nyaman dalam bekerja. “Apa lagi jika laporan/aduan dari oknum LSM dengan kata Nembak Pucuk Kudo,” Ujarnya.

Para Kepala Desa meminta kepada para Pemerintah Daerah/Kesbangpol untuk menertibkan oknum LSM yang ada di OKU serta mengumumkan daftar LSM yang terdaftar.

Lebih lanjut Kepada aparat penegak hukum, para kepala Desa minta untuk tidak mudah menerima laporan/aduan oknum LSM, bila perlu si Pelapor diperiksa terlebih dahulu dan membuat pernyataan.

“Silahkan awasi kami, tapi jangan lupq ada peran dan tugasnya masing-masing, kami siap terima resiko hukuman jika kami memang salah, tapi kami juga meminta Oknum LSM yang kerap mengganggu jalannya program desa untuk diproses jika laporan aduan mereka salah. Dan kami mendukung program pemerinyah dan aparat penegak hukum terkait kamtibmas, dan mendukung pemberantasan tindak.pidana korupsi sesuai aturan yang berlaku,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Randy Kepala Desa Lubuk Batang Baru, memurutnya Oknum LSM inj kerap menakut-nakuti kepala Desa, untuk itu ia meminta agar oknum LSM ini ditertibkan.

“Oknum LSM ini berprilaku layaknya aparat penegak hukum, bahkan yang lucunya lagi saat dana Desa Cair mereka selalu mengirimkan surat untuk mengklarifikasi penggunaan dana desa jika tidak mereka mengancam akan berhadalan dengan hukum,” keluhnya.

Randy juga mempertanyakan dugaan adanya kebocoran data RAB sehingga oknum LSM ini dengan mudahnya mendapatkan data untuk menakuti para kepela Desa. “Mereka dapat dari mana, padahal yang pegang data ini hanya Kades, pihak PMD dan Pihak Bank itu yang membuat kami resah,” ujarnya.

Sementara itu Asisten I Setda OKU Slamte Riyadi bersama Kasat Intel Polres OKU AKP Hendri yang menerima para kepala dan perangkat Desa mengatakan kedepan pemkab OKU akan meminta Kesbangpol untuk mendata dan memverifikasi ormas dan LSM yang ada di OKU. (Fei).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tampil Perdana di Luar Sumsel, Ovi Mawardi Juara III Kejuaraan Offroad

Indralaya, Detik Sumsel– Tampil perdana di luar Sumatera Selatan, Ahmad Wazir (AW) Noviadi offroader Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *