Ribuan Sekolah Terima Donasi Kuota XL | Detik Sumsel
Detik
Salah satu sekolah yang mendapatkan donasi kuota XL

Ribuan Sekolah Terima Donasi Kuota XL

Palembang, Detik Sumsel – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyalurkan donasi akses internet ke lebih dari 1000 sekolah di berbagai daerah di Indonesia. Dari total donasi tersebut, sampai saat ini sudah dimanfaatkan lebih dari 300 ribu siswa.

Tahun ini, XL Axiata masih akan terus menyalurkan donasi kuota dan modem ke sekolah di area yang telah terlayani 4G LTE dari XL Axiata di berbagai daerah termasuk di pelosok luar Jawa.

“Dibandingkan jumlah sekolah dan siswa yang membutuhkan akses internet cepat untuk mendukung aktivitas belajar mengajar di berbagai daerah, tentu jumlah donasi yang kami salurkan masih belum memadai. Namun, kami punya harapan bisa terus membantu pemerintah dengan menyediakannya dari tahun ke tahun,” ujar Group Head of Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih.

Tahun ini pihaknya menargetkan bisa menyalurkan donasi kuota dua kali lipat dari 1000 sekolah lagi.

Tri menambahkan, program ini sebenarnya sudah diluncurkan pada Agustus 2017 lalu oleh menteri Pendidikan dan kebudayaan di 21 provinsi dan 100 kabupaten kota di Indonesia termasuk wilayah Sumatera yang mendapatkan program ini.

Melalui kerjasama tersebut, data sekolah calon penerima donasi disesuaikan dengan roadmap pemerintah dalam penerapan digitalisasi untuk sekolah setingkat SMA.

“Saat ini di XL Axiata tersedia sebanyak sekitar lebih dari 920 TB kuota yang siap didonasikan. Kuota ini antara lain dialokasikan oleh XL Axiata berdasarkan pembelian kuota Xtra Combo oleh pelanggan. Jadi, setiap transaksi pembelian kuota Xtra Combo oleh pelanggan, maka XL Axiata akan mengalokasikan kuota data sebesar 25 MB untuk program donasi kuota,” ujarnya.

Selain itu, pelanggan juga bisa secara mandiri mendonasikan kuota data miliknya melalui UMB *123*888#.

Tahun ini pihaknya juga merencanakan menyalurkan donasi kuota data kepada komunitas masyarakat yang berfokus pada program peningkatan pendidikan bagi warga. Komunitas belajar atau pendidikan seperti ini banyak terdapat di berbagai daerah, terutama di area pelosok.

Gerakan Donasi Kuota memfasilitasi sebagian besar sekolah yang berada di dalam area jangkauan layanan data baik 3G maupun 4G LTE. Mekanisme penyaluran kuota donasi akan dilakukan dengan menyertakan perangkat mobile broadband atau router XL Home sehingga bisa dibagikan secara simultan ke 32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar.

“Untuk perangkat mobile broadband atau router XL Home kita berikan bersamaan dengan akses internet selama satu tahun. Setelah satu tahun akan kita evaluasi untuk kinerja kerjasama tahun berikutnya,” jelas Tri. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Beri Pelatihan Bagi Keluarga Terdampak COVID-19

Palembang, Detik Sumsel- Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *