Rutinitas Warga Keringkan Gabah Sebelum Di Selep Menjadi Beras | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Rutinitas Warga Keringkan Gabah Sebelum Di Selep Menjadi Beras

Pati, Detik Sumsel – Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati saat ini sedang berlangsung pelaksanaan kegiatan TMMD reguler ke 111 Kodim 0718/Pati. Dimana rutinitas warganya setelah selesai panen padi mereka mengeringkan gabah dengan cara di jemur, dengan memanfaatkan panas dari sinar matahari.

Disela waktu istirahatnya Sertu Kumedi dalam kesempatan tersebut, ia membantu Sarijo (57) warga Dukuh Kalimati, Desa Tamansari, yang tengah sibuk menggelar gabah yang dijemur didepan halaman selepan padi miliknya.

Tampak Sertu Kumedi yang sedang memegang alat bantu gelar gabah sesekali terlibat obrolan ringan. Dalam obrolannya Sarijo mengatakan jika menjemur gabah warga disini mengandalkan matahari sebagai pengering gabah milik mereka. Jum’at (09/07/2021).

Baca Juga :   Rela Belepotan Semen Demi Jalan TMMD Sendangkulon

“Meskipun saat ini ada alat pengering gabah namun saya hanya mengandalkan panas matahari, yang lebih merata keringnya. Selain itu tidak mengeluarkan biaya lebih hanya untuk membeli alat tersebut,” terangnya.

Sementara Sertu Kumedi yang membantu menjemur dan menggelar gabah padi juga mengatakan, bahwa dalam menjemur gabah tidak semudah yang dipikirkan. Namun butuh tenaga yang ekstra dikarenakan beberapa kali harus dibolak-balik menggunakan alat sederhana dari bambu dan papan.

“Dalam menjemur gabah setiap satu jam harus di bolak balik, sehingga meskipun terlihat mudah tetapi banyak menguras tenaga,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pelaksanaan TMMD Menjadi Areal Bermain Anak-anak
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

RS Marga Husada Bersama Kodim Pati Lakukan Vaksinasi Tahap Kedua

Pati, Detik Sumsel – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terus dilaksanakan Kodim 0718/Pati dengan bekerjasama dengan RS …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *