Sah.. Mulai Besok Naik Pesawat Tak Perlu Antigen atau PCR | Detik Sumsel
Pemprov
Suasana Bandara SMB II Palembang saat antigen

Sah.. Mulai Besok Naik Pesawat Tak Perlu Antigen atau PCR

Palembang, Detik Sumsel- Pemerintah memberikan kelonggaran pada peraturan perjalanan domestik menggunakan pesawat terbang tidak lagi memerlukan tes Covid-19, baik PCR maupun antigen.

Aturan ini sudah disahkan dan bisa langsung diterapkan mulai besok karena sudah resmi disahkan siang ini yakni Surat Edaran nomor 11 tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi COVID-19, Selasa (08/03)

Hanya saja hari ini masih belaku kebijakan lama yakni penumpang perjalanan angkutan udara masih harus menggunakan antigen atau PCR sesuai dengan kota tujuan dan vaksin yang sudah diterima calon penumpang tersebut.

“Iya mulai besok sudah berlaku dan kita sebagai maskapai senang dengan aturan ini mambawa angin segar bagi bisnis penerbangan juga bagi masyarakat yang akan berpergian sehingga bisa lebih mudah,” kata Kapala Cabang Sriwijaya Air Palembang, Yudo.

Meski pemerintah resmi memberlakukan besok, Rabu (9/4/2022) kebijakan baru ini sudah bisa dijalankan namun tidak semua aturan tanpa antigen juga PCR ini berlaku bagi penumpang pesawat udara.

Sebab ada beberapa poin yang diatur dalam surat edaran terbaru itu secara detail.

Ada empat poin yang ditekankan khusus aturan untuk pelaku perjalanan domestik ini yang juga berlaku untuk perjalan darat, laut dan udara.

Detail aturan itu tertuang dalam poin F yang mengatur protokol gang kemudian rinci lagi menjadi 7 poin.

Poin ke 3 dalam protokol ini merinci ketentuan yang memperbolehkan penumpang perjalan domestik tidak harus melampirkan antigen atau tes PCR lagi saat berpergian.

Aturan itu yakni Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang sudah vaksin dosis ke dua atau booster saja yang boleh tidak lagi harus tes antigen maupun PCR. Sedangkan PPDN yang belum vaksin atau vaksin dosis satu masih diwajibkan harus antigen dan PCR.

PPDN yang memiliki riwayat sakit khusus atau kormobit yang tidak bisa menerima vaksin juga masih diwajibkan melakukan antigen dan PCR.

Khusus bagi anak-anak di bawah usai enam tahun juga bisa berpergian tanpa harus antigen dan PCR namun tetap harus dengan pendampingan orang dewasa.

Poin 3d protokol memberikan aturan khusus perjalanan rutin dengan moda transportasi darat menggunakan
kendaraan pribadi atau umum, dan kereta api dalam satu kawasan
aglomerasi perkotaan dikecualikan dari persyaratan perjalanan sebagaimana
diatur dalam huruf c atau tidak wajib antigen dan PCR.

Ketentuan protokol tetap wajib antigen
bagi yang vaksin belum lengkap atau kormobit ini juga tidak berlaku moda
transportasi perintis termasuk di wilayah perbatasan, daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), dan pelayaran terbatas sesuai dengan kondisi daerah masing- masing.

Surat Edaran Satgas nomor 11 ini juga tetap wajibkan PPDN menscan aplikasi PeduliLindungi untuk memeriksa persyaratan perjalanan pada setiap PPDN.(May)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

H Tama Calon Tunggal Ketua Demokrat Ogan Ilir

Palembang, Detik Sumsel — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bakal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.