Saintek Expo UIN Rafa 2021 Sambut Generasi Milenial di OPI Mall | Detik Sumsel
Detik
Untuk keenam kalinya Fakultas Sains dan Teknologi menggelar Expo hasil penelitian dosen dan mahasiswa yang dikolaborasikan dalam bentuk pameran hasil produk dan talkshow

Saintek Expo UIN Rafa 2021 Sambut Generasi Milenial di OPI Mall

Palembang, Detik Sumsel- Untuk keenam kalinya Fakultas Sains dan Teknologi menggelar Expo hasil penelitian dosen dan mahasiswa yang dikolaborasikan dalam bentuk pameran hasil produk dan talkshow. Sejak 2016 mulai merintis Saintek Expo ikut andil dalam pameran UIN Raden Fatah yang bersamaan kegiatan AICIS di Mall-SerpongTangerang.

Kemudian 2018 di Rafah Tower sekaligus peresmian gedung SBSN, lalu 2019 di UIN Bandung dan 2020 dilakukan secara daring terbatas karena pandemi di Rafah Tower. Pada tahun 2021 dengan mitra OPI Mall Palembang kembali dilakukan Saintek Expo dengan tema menuju FST Unggul dan Barkarakter serta terintergrasi, yang dilakukan selama satu hari penuh (7/12/2021) di atrium OPI Mall Palembang.

Pada expo kali ini menampilkan banyak stand produk riset dimulai dari stand produksi prodi Biologi, prodi Kimia, prodi Sistem Informasi, Stand Halal Centre (LPH), stand kesehatan, stand Dema FST. Selain itu, kegiatan akademik yang kemas dalam bentuk talkshow yang menghadirkan unsur pemerintah kota Palembang dan L2Dikti Sumsel (Prof. Juliansyah). Kegiatan talkshow ini mengangkat tema kekinian yang berkaitan dengan generasi Z terhadap Sains dan Teknologi.

Dalam acara pembukaan Expo kali ini Dekan FST yang diwakili oleh WD 1 (Dr. Irham Falahudin, M.Si) menyampaikan bahwa kegiatan expo ini merupakan kegiatan tahunan yang mengusung konsep ABG dengan ISTEKPRO (integrasi Islam, teknologi dan produksi). Konsep A artinya expo dilakukan tetap mengusung tema akademik menampilkan hasil karya riset dosen dan mahasiswa FST agar bisa dikenal oleh generasi milenial di kota Palembang, Konsep B yaitu konsep bisnis dimana hasil expo bisa menjaring mitra bisnis dari beberapa UMKM yang ingin bermitra dengan UI Raden Fatah khususnya Fak. SainTek.

Kemudian konsep G bahwa hasil karya riset dan kolaborasi dosen dan mahasiswa ini perlu disupport oleh goverment (pemerintah/stakeholder) agar terciptanya iklim akademik yang mengusung bisnis dengan mengikutsertakan peran pemerintahan setempat (stake holder).

Kegiatan expo dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Rafah dalam hal ini diwakili oleh Kepala Biro AUPK (Dr. Abdurrasyid, M.Ag). Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa saintek expo pada tahun ini merupakan bentuk implementasi peradaban Islam dan dunia pengetahuan.

Jadi Saintek Expo kali ini membuktikan bahwa tidak ada dikotomi keilmuan agama, sains dan teknologi. Semua yang ditampilkan hari ini merupakan bentuk karya intelektual Islam oleh karena itu, tahun depan ini perlu didukung exponya ke dunia internasional. Dengan expo ini dapat menjembatani informasi akademik yang ada di UIN Raden Fatah dengan masyarakat secara lebih dekat, khususnya di kota Palembang. Hadir dalam kegiatan ini dari undangan Dekan Febi, Perwakilan Pertamina Palembang, Dinas Kehutanan, BMKG Kota Palembang dan Sekolah/Madrasah di Kota Palembang serta mitra lainnya.

Kegiatan pendahulu dalam kegiatan expo di dimulai dengan kegiatan RAFA Tech, dimana kegiatan ini merupakan ajang lomba inovasi teknologi yang dimotori oleh prodi Sistem Informasi yang tergabung mahasiswa SCSI. Sekaligus pemberian juara lomba UI/UX, Web Design, Poster dan Valorant.

Semoga kedepan kerjasama yang baik selalu ditingkatkan dan akan dikemas lebih menarik serta lebih banyak lagi hasil karya riset dosen dan mahasiswa FST. Pada akhirnya nanti mampu menjadi mitra pada beberapa dunia industri yang tertarik dengan produk yang dihasilkan oleh Fak. Sain dan Teknologi.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Mobil Tangki Pengangkut Air Mineral Tabrak Pohon di Jalan Residen A Rozak, Sopirnya Terjepit 

Palembang, Detik Sumsel — Diduga sopirnya mengantuk, sebuah mobil truk tanki nomor polisi BG 8150 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *