Sampoerna Agro Buka Bersama Dengan Jurnalis dan LSM 

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Kayuagung, Detik Sumsel – Guna mempererat tali silaturahmi, PT Sampoerna Agro, Tbk., merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit dan pengolahannya beroperasi di wilayah Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, melaksanakan buka bersama (bukber) dengan awak media dan LSM di Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Jum’at (22/4/2022) malam.

Acara tersebut dihadiri puluhan orang jurnalis dari berbagai media online, cetak dan media televisi, serta dihadiri oleh pengurus LSM yang ada di OKI. Sementara dari PT Sampoerna Agro, Tbk., Region Sumatera dihadiri Regional Head Plantation Eldi Nuzan, Erwin Thaib (GM A&CI), Riduan Sibuea (GM Plasma), Riki Ramadani (GM Mill), Ucu Subagya (Head of Security), Fajar Suryono (Manager CSR), serta staf CSR Sampoerna Agro.

Acara silaturahmi dan bukber bersama diisi dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, ceramah, sambutan dari media, LSM serta management Sampoerna Agro, sholat Maghrib berjamaah, makan bersama dan ditutup dengan foto bersama.

Regional Head Plantation Eldi Nuzan mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan media dan LSM yang telah datang pada acara silaturahmi dan bukber ini.

“Insan media dan LSM merupakan mitra penting Sampoerna Agro dalam memajukan perusahaan secara berkelanjutan. Sampoerna Agro memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan dan perekonomian masyarakat Indonesia, dimana perusahaan menghasilkan CPO, kernel dan juga bibit unggul Sriwijaya,” tutur Eldi.

Saat ini, Sampoerna Agro di OKI memperkerjakan lebih dari 10.000 orang, baik langsung ataupun tidak langsung. Sampoerna Agro memiliki kebun plasma dengan luasan 40.275 Hektar (92% dari luas kebun inti).

Kemitraan strategis Sampoerna Agro dengan petani plasma telah mengantarkan petani plasma memperoleh sertifikasi ISPO, RSPO, dan ISCC. Bahkan beberapa KUD juga telah merasakan manfaat dari sertifikasi tersebut berupa premium price dengan total sebesar Rp2.700.000.000 pada tahun 2021 lalu.

“Dalam program CSR, Sampoerna Agro telah melakukan berbagai kegiatan seperti perbaikan sarana infrastruktur jalan, pencegahan Covid-19, pencegahan narkoba, pencegahan karhutla dan lain sebagainya. Selain itu, beberapa program unggulan CSR seperti pengembangan ekonomi budidaya jamur merang, maupun pondok pesantren (Ponpes),” jelasnya.

Ronal, perwakilan dari salah satu media online mengucapkan terima kasih kepada PT Sampoerna Agro Tbk yang mengadakan acara bukber dan ini menjadi moment saling mengenal antara management Sampoerna Agro dengan rekan-rekan media dan LSM di OKI.

“Terima kasih kita ucapkan pada Sampoerna Agro yang telah mengundang kami untuk saling bersilaturahmi dalam suasana bulan suci Ramadan. Kami dari media merasa diperhatikan oleh perusahaan, dan komunikasi kami selama ini terbangun dengan baik. Kedepan juga ada beberapa kegiatan yang akan kita kerjasamakan dengan Sampoerna Agro untuk pelatihan jurnalistik,” papar Ronald.

Sementara itu, Amrina Rosyada dari Yayasan Sahabat Pelangi mengapresiasi Sampoerna Agro yang telah menginisiasi untuk acara silaturahmi dan berbuka puasa dengan media dan melibatkan rekan-rekan LSM di OKI.

“Selama ini LSM yang tergabung dalam Forum Monitoring CSR OKI telah melakukan beberapa kunjungan ke program CSR Sampoerna Agro,” akunya

Amrina menambahkan, pihaknya sangat bangga dengan beberapa program CSR Sampoerna Agro. Seperti pada program pendidikan yaitu didukungnya pembangunan SMP Plus Pedamaran Timur.

“Saya mengikuti proses awal dari perencanaan sampai berdirinya SMP Plus Pedamaran Timur tersebut. Lalu adanya pendirian pesantren di Sungai Ceper, yang lokasinya jauh dari akses perkotaan, dan dikenal sebagai tempat memproduksi senjata api rakitan (senpira). Disitu Sampoerna Agro hadir. Kita berharap program CSR Sampoerna Agro akan semakin bermanfaat bagi masyarakat OKI,” terangnya.(Iyan)

Komentar