Sarankan Pakai Aplikasi Pedulilindungi | Detik Sumsel
Pemprov
Istimewa

Sarankan Pakai Aplikasi Pedulilindungi

Palembang, Detik Sumsel- Guna menekan penyebaran Covid-19, maka Bank BNI menerapkan aturan pengunjung bank wajib “bebas covid-19. Hal tersebut mulai dari dengan menyarankan menggunakan aplikasi pedulilindungi, kartu vaksin hingga test PCR/genose dan lainnya.

Nasabah Bank BNI, Meylinda saat mendatangi bank BNI di kawasan Sudirman, ia mengaku dia ditanya aplikasi pedulilindungi oleh sekuriti. “Saya tadi pas masuk ditanya, kalau saya sendiri sudah vaksin. Saya diminta tunjukan aplikasi pedulilindungi dan saya juga tunjukan kartu vaksin saja biar cepat, “

Ia mengatakan, ada juga banyak nasabah yang kebingungan apalagi yang sudah berumur karena belum vaksin. “Saya tidak tahu gimana untuk nasabah yang belum vaksin. Yang pasti saya lihat tadi pengunjung sebelum masuk selain cuci tangan dan wajib masker, mereka juga di tanya aplikasi,” pungkasnya

Sementara itu, Pimwil BNI wilayah 3 , Sunarna Eka Nugraha mengatakan, berdasarkan surat edaran kementerian BUMN maka pihaknya meminta bahwa seluruh nasabah dan aktifitas di BNI “bebas covid” dan bagian dari penekanan penyebaran pandemi ini maka nasabah wajib mendownload menggunakan aplikasi pedulilindungi dan melakukan pemindaian stiker QR Code pada saat masuk (check-in) dan keluar.

Nasabah/ tamu status kuning atau hijau diperbolehkan memasuki ke kantor BNI nasabah tetap dengan suhu dibawah 37,5 derajat dan tidak tidak sakit diperbolehkan masuk kantor. Apalagi terdapat kendala pada saat melakukan akses pada aplikasi ini maka wajib menunjukkan sertifikat vaksin dua kali yang disertai dengan verifikasi KTP atau menunjukan Pcr/genose yang masih berlaku dan mengisi logbook kunjungan yang telah di sediakan.

Namun begitu, kata dia, pihaknya tidak serta merta menerapkan aturan tersebut. “Ketika nasabah tersebut mau masuk ke kantor BNI bisa mendownload aplikasi pedulilindungi terlebih dahulu. Hal ini sebagai bagian tracking aktifitas nasabah atau mereka yang belum vaksin bisa menunjukan alasan kenapa belum vaksin. Bisa jadi hamil, sakit atau hal lain, “

Nantinya, kata dia, terhadap nasabah ini akan di lakukan pengecekan ulang. “Merekq tetap bisa transaksi dengan melapor atau surat yang menyertai mereka belum vaksin, dan yang pasti aturan tersebut dilakukan untuk menekan Covid-19 dan memang kedepan pun akan berlaku secara bertahap untuk semua aktifitas masyarakat termasuk sekarang menonton bioskop,”

Sementara itu, Governmment Bussiness Head Bank Mandiri iwan Setiawan mengatakan, pihakny belum menetapkan aturan tersebut. Pasalnya belum ada arahan. Selain itu, penanggung jawab pengendalian covid di daerah kembali ke satgas Covid -19 dan belum ada kewajiban untuk menerapkan aturan tersebut. “Jadi sejauh ini aturan tersebut kami terapkan di cabang,”

Ia menambahkan, sejauh ini penanganan Covid di bank mandiri masih penerapan protokol kesehatan seperti jaga jarak, wajib masker dan cuci tangan. “Kalau soal nanti atau kedepan kami belum pasti. Tapi sejauh ini belum ada perintah dari kantor pusat dan pemda jadi semua transaksi masih berlaku standar prokes, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan, Untung Nugroho menambahkan, untuk penerapan aturan tersebut di perbankan kembali ke aturan dan perbankan masing. masing. “Soal itu jadi kebijakan perbankan. Tentu aturan tidak boleh memberatkan dan semua harus mendukung ,” pungkasnya.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Kunjungi Sentra Usaha Kretif di Palembang, Sandiaga Uno Ungkap Dua Program Kemenparekraf

Palembang, DetikSumsel – Dalam kunjungan ke Palembang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *