Satgas TMMD Bantu Warga Rontokan Padi Dengan Pedal Thresher | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Satgas TMMD Bantu Warga Rontokan Padi Dengan Pedal Thresher

Pati, Detik Sumsel – Banyak hal yang dilakukan satgas TMMD reguler 111 Kodim Pati disela kegiatan istirahatnya dalam bekerja, mereka memanfaatkan waktu untuk komsos menjalin keakraban dengan masyarakat Desa Tamansari, seperti yang dilakukan Serda Muslimin yang membantu Darno (50) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari yang merontokan padi dengan alat Pedal Thresher yaitu merupakan alat perontok padi dengan konstruksi sederhana dan digerakan menggunakan tenaga manusia, Sabtu (10/07/2021).

Dikatakan oleh Darno setiap panen padi, petani disini setiap melaksanakan panen untuk merontokan padi menggunakan alat Pedal Thresher, meskipun tergolong masih sederhana namun lebih efisien dibandingkan dengan alat yang bernama Gebotan padi.

Baca Juga :   Donor Darah Peran Aktif Satgas TMMD dalam Penanganan Covid - 19

“Kelebihan alat Pedal Thresher mampu menghemat tenaga dan waktu juga pengoperasiannya sangat mudah. Alat ini pun mampu mengurangi kehilangan hasil dengan kapasitas kerja 75-100 kg/jam dan cukup dioperasikan oleh satu orang,” ucapnya.

Sementa itu Serda Muslimin yang sedang ikut membantu, ia dengan semangatnya mengoprasionalkan alat perontok padi tersebut. Padi yang sudah dipotong dan ditumpuk akan siap dirontokan menjadi gabah kemudian untuk jeraminya bisa dimanfaatkan untuk pakan sapi atau kambing.

“Setelah selesai merontokan padi biasanya petani disini akan kumpulkan jerami disuatu tempat untuk dibawa pulang sebagai pakan ternak,” ungkapnya.

Baca Juga :   Ketapang Salah Satu Cerita Bagi Anggota Yonif 410/Alugoro
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

HUT Ke 2 Koopssus TNI Dalam Bingkai “TNI Untuk Indonesia Maju”

Jakarta, Detik Sumsel — Memperingati HUT Kedua Koopssus TNI yang berlangsung hari ini Jum’at (30/7/2021), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *