Satgas TMMD Komsos Dengan Peternak Ayam, Kandangnya Tidak Bau Dan Bersih | Detik Sumsel
Pemprov

Satgas TMMD Komsos Dengan Peternak Ayam, Kandangnya Tidak Bau Dan Bersih

Pati, Detik Sumsel – Anggota satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 111 Kodim 0718/Pati, Serda Sukarji, melaksanakan kegiatan komunikasi sosial di kandang ayam Hadi (55), di Dusun Kemiri Rt.02/Rw.01, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, yang kesehariannya menekuni usaha bidang peternakan ayam pedaging, dengan jumlah sekitar 1000 ekor ayam. Didesa Tamansari sendiri ada beberapa warga yang mempunyai usaha peternakan ayam pedaging, Selasa (06/07/2021).

Dalam kesempatan itu Serda Sukarji Satgas TMMD Kodim Pati, berbincang-bincang dan bertanya tentang berbagai hal tentang letak kandang ayam agar tidak menimbulkan masalah lingkungan terutama bau dan kotor yang ditimbulkan.

Dijelaskan oleh Hadi jika peternakan ayam yang digelutinya sudah sesuai prosedural, dan sudah mengikuti berbagai penyuluhan sehingga ia mempunyai kiat-kiat agar tidak menimbulkan masalah pada lingkungan. Selalu menjaga kebersihan kandang setiap pagi dan sore dibersihkan, usahakan kandang selalu dalam keadaan kering dan penyemprotan desinfektan rutin.

“Saya selain itu untuk mensiasati bau feses ayam dalam pakan juga menggunakan probiotik pengurai protein. Probiotik mengandung bakteri baik yang akan mengurai protein lebih cepat sehingga memicu pencernaan ayam berjalan lebih maksimal. Penyerapan kandungan dari pangan membuat ayam bisa tumbuh dengan cepat serta tidak banyak mengeluarkan kotoran,” jelasnya.

Ia pun menambahkan jika sangat senang dengan adanya program TMMD Reguler ke- 111 di Desa Tamansari. Sebab selama ini jalan rusak sehingga transportasi pengangkutan ayam sedikit terhambat. Dengan adanya TMMD terutama pembangunan jalan betonisasi akan melancarkan akses transportasi, sehingga meningkatkan kesejahteraan dan nilai tambah ekonomi warga.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Vaksinasi Tahap II Gusdurian dan Puskesmas Pati 1 di Klenteng Hok Tik Bio

Pati, Detik Sumsel – Pelaksanaan vaksinasi tahap II hari ini dilaksanakan oleh Gusdurian bersama Puskesmas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *