Satgas TMMD Membantu Warga Babut Disawah | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Satgas TMMD Membantu Warga Babut Disawah

Pati, Detik Sumsel – Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati saat ini sedang berlangsung kegiatan TMMD reguler ke 111 Kodim 0718/Pati. Didesa tersebut didominasi warga bekerja dalam sektor bidang pertanian, dengan menanam padi. Saat ini masyarakat desa tersebut sedang mengerjakan babut disawah yang telah disemai bibit padi.

Dalam budidaya tanaman padi banyaknya proses yang akan dilalui, seperti penyemaian, penanaman, pemupukan ataupun proses lainnya. Bahkan dalam proses penanaman pun masih ada beberapa proses yang dilewati yaitu salah satunya adalah metode babut, yaitu sebuah metode pengambilan bibit padi dari tempat penyemaian padi, metode babut merupakan metode yang masih digunakan oleh para petani pada saat ini dalam menanam bibit padinya.

Baca Juga :   Inilah Keakraban Warga dan TNI di TMMD Sedang Kulon

Dikatakan oleh Yatmi (52) warga Dukuh Pandahan yang saat itu sedang mencabut bibit tanaman padi bahwa, “babut atau ngababut dilakukan pada saat bibit padi sudah siap untuk di tanam atau siap untuk ditandurkan dengan umur bibit sekitar 14 sampai 25 hari setelah penyemaian,” tuturnya Senin (05/07/2021).

Ia juga mengatakan sangat senang dengan adanya TMMD reguler 111 Kodim Pati didesanya, karena akan memudahkannya dalam mengangkut membawa bibit padi dan juga ketika saat panen tiba.

Sementara itu Serda Warso di sela Istirahatnya membantu warga sedang melaksanakan babut padi. “Pengambilan bibit dengan cara babut adalah dengan cara mencabut bibit yang siap untuk ditanam atau ditandurkan secara langsung oleh tangan dari tempat penyemaiannya, itu saya lihat yang dilakukan warga disini” ungkapnya

Baca Juga :   Sudah Waktunya Kita Berkarya untuk Negeri
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Serukan Pentingnya Perlindungan Kesehatan Buruh dari COVID-19

Jakarta, Detik Sumsel- Menindaklanjuti kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang diperpanjang hingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *