Sawah Miliknya Dipenuhi Sampah, Warga Ngeluh di Medsos | Detik Sumsel
Detik
Detiksumsel/Rendi -- Tampak tumpukan sampah yang memenuhi persawahan warga di Kelurahan Jangkar Mas Kota Pagaralam, Selasa (09/07).

Sawah Miliknya Dipenuhi Sampah, Warga Ngeluh di Medsos

Pagaralam, Detik Sumsel – Meskipun Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam terus gencar menyosialisasikan larangan buang sampah sembarangan, namun fakta di lapangan masih ada saja oknum masyarakat yang tidak mengindahkan imbauan tersebut.

Salah satunya yang terjadi di Dusun Jangkar, Kelurahan Jangkar Mas, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam. Sungai di wilayah tersebut dipenuhi sampah sehingga membuat aliran air yang mengaliri persawahan warga tercemar. Hal ini seperti dikeluhkan Sulaice Ice di akun Facebook miliknya.

“Sawah ini bukan tempat buang sampah, dimana hati nurani masyarakat kalau melihat aliran air ini penuh oleh sampah,” tulis Ice di akun FB miliknya, Selasa (09/07).

Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni saat dihubungi via telepon seluler mengatakan, jika hal ini sangat memprihatinkan, karena masyarakat masih membutuhkan sosialisasi untuk meningkatkan kesadarannya.

“Untuk program sampah ini kita masih dalam tahapan evaluasi tentang tidak adanya tempat sampah, intinya ini masih evaluasi melihat tingkat kesadaran masyarakat Pagaralam,” katanya.

Sementara itu, Camat Dempo Utara, Arjanggi mengatakan, ia bersama pihak kelurahan sudah turun langsung ke lokasi untuk meninjau masalah sampah tersebut. Dari informasi di lapangan jika sampah tersebut berasal dari warga sekitar, sehingga apabila hujan, sampah tersebut akan ikut terbawa arus air dari drainase itu.

“Untuk langkah awal kita akan berkordinasi ke pihak LH dan petugas kebersihan untuk membersihkan dan mengangkut tumpukan di lokasi ini. Selain itu juga akan memasang papan imbauan larangan buang sampah di tempat ini, agar tidak terjadi penumpukan sampah lagi,” pungkasnya. (rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

RA Anita Raih Anugrah Perempuan Indonesia 2022

Yogyakarta, Detik Sumsel – Ketua DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati SH MH meraih anugerah Perempuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *