SDR Minta Kejagung Tindak Lanjuti Laporan Dugaan Dana Asing yang Diterima ICW | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Hari Purwanto Direktur Studi Demokrasi Rakyat

SDR Minta Kejagung Tindak Lanjuti Laporan Dugaan Dana Asing yang Diterima ICW

Jakarta, Detik Sumsel — Direktur Studi Demokrasi Rakyat Hari Purwanto meminta Kejaksaan Agung menindak lanjuti laporan mereka terkait dana hibah asing yang disinyalir diterima oleh Indonesia Corruption Watch (ICW). Hal ini disampaikan Hari Purwanto kepada Detik Sumsel.com Rabu (21/7/2021).

“ICW mengakui bahwa pihak asing memberikan dana kepada mereka karena asing berkepentingan mengawasi investasinya agar tidak dikorupsi,”kata Hari Purwanto kepada detik Sumsel.com Rabu (21/7/2021).

Istimewa

Dikatakan Hari ICW bekerja tidak hanya menggunakan dana dari bantuan luar negeri tapi ada juga dana bantuan dari publik.

Baca Juga :   Upin Ipin The Movie Diputar di Indonesia

“Kejaksaan Agung agar segera memanggil ICW untuk mengklarifikasi terkait dana-dana asing yang selama ini digunakan, untuk kepentingan apa, kegiatan apa. Jangan sampai informasi negara kita dijual ke luar negeri oleh LSM yang bernama ICW,”kata Hari.

Sebagai LSM, ICW diduga telah melanggar Undang-undang Nomor 8 Tahun 2008 dan Permendagri Nomor 38 Tahun 2008 Pasal 40 ayat 1 dan 3. Organisasi tersebut dinilai tidak terbuka kepada publik terkait dana-dana hibah yang diterima.

“Yang kami laporkan dana hibah asing yang diterima oleh ICW, yang melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2008 dan Permendagri Nomor 38 Tahun 2007 terutama di Pasal 40 ayat 1 dan ayat 3. Bahwa selama ini ICW tidak pernah melaporkan dana-dana hibah yang diterima kepada publik, melainkan hanya dilampirkan saja di laman websitenya,”katanya.

Baca Juga :   LP3L Donasikan Ratusan Buku Bacaan di Daerah Pelosok OKU

Sebelumnya SDR melaporkan ICW ke Kejaksaan Agung RI disinyalir menerima dana hibah pihak asing dalam pelaporan tersebut SDR melampirkan data-data dana asing yang mengalir kepada ICW dan belum pernah diklarifikasi kepada publik, termasuk aliran dana KPK yang diberikan kepada ICW beberapa tahun kebelakang.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Diduga Tidak Bisa Berenang, Remaja Tewas Tenggelam Disungai Ogan 

Baturaja, Detik Sumsel – Seorang pemuda ditemukan warga dalam kondisi tak bernyawa setelah tenggelam saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *