Sebut Ada Kelalaian dan Lebihi Ketentuan | Detik Sumsel

PKN
Pemprov
Suasana jembatan Ampera pasca ditabrak Tongkang muatan batubara PT Titan 4 November lalu. (Foto: Haris/Detik Sumsel)

Sebut Ada Kelalaian dan Lebihi Ketentuan

Lipsus, Detik Sumsel- Kasi Keselamatan Berlayar Patroli dan Penjagaan Pantai Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang, Anis mengaku pihaknya sudah melayangkan surat untuk pemanggilan terhadap loading master PT Titan serta nahkoda dan mualim kapal.

“Surat sudah kita layangkan, saat ini tinggal menunggu karena proses pemanggilan itu selama 7 hari dan kapal saat ini juga sedang berada di Lampung,” ungkapnya kepada detiksumsel.com, Rabu (18/11).

Diceritakan Anis, insiden kapal muatan batubara milik PT Titan tersebut menabrak jembatan Ampera terjadi pada sore hari 4 November 2020, yang mana muatan batubara yang melintas dibawah jembatan Ampera pada saat itu ketinggiannya mencapai 8.2 meter, sementara berdasarkan Perda Kota Palembang Nomor 14 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Transportasi diatur pada pasal 106 a dimana setiap kapal/tongkang yang melintas dibawah jembatan Ampera ketinggian muatan tongkang tidak melebihi 8 meter.

Baca Juga :   Catut Nama Presiden, Akun Youtube Ini Dilaporkan

“Ini juga ditambah faktor ombak air dan debit air yang mempengaruhi pergerakan kapal sehingga bagian belakang muatan batubara mengenai jembatan Ampera, terkait Perda ini kita bingung juga karena agak sedikit berbeda dengan Perwali,” sebutnya.

Anis menyebutkan, setiap harinya hampir terdata ada sebanyak 5-10 kapal muatan yang melintas di bawah jembatan Ampera. “Prinsipnya kita sudah melayangkan surat pemanggilan dan akan melakukan pemeriksaan,” singkatnya.

Sementara itu, Humas PT Titan, Yayan saat dikonfirmasi mengaku insiden tersebut sudah ditangani langsung oleh pihak perusahaan dan tidak terjadi kerusakan akibat kejadian itu. “Sudah kita tangani, tidak ada kerusakan parah,” ucapnya.(pen/oji)



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Bahu Membahu, Warga Le Grand 3 Meriahkan HUT RI ke-77

Palembang, Detik Sumsel — Menjelang 17 Agustus, Antusias seluruh masyarakat kota Palembang dalam menyambut Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.