Sedekah Ruwah Picu Harga Bahan Pokok Naik | Detik Sumsel
BNI"
Grafis/Ilustrasi: Raam/Detik Sumsel

Sedekah Ruwah Picu Harga Bahan Pokok Naik

Lipsus, Detik Sumsel- Dinas Perdagangan Sumatera Selatan, terus berupaya melakukan antisipasi kenaikan beberapa komoditi jelang bulan suci Ramadhan, salah satunya dengan melakukan operasi pasar.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Sumsel, Yustianus menuturkan salah satu pemicu kenaikan sejumlah bahan pokok khususnya di Sumsel disebabkan permintaan dan kebutuhan bahan pokok yang tinggi menjelang puasa.

“Selain itu, adat dan kebiasaan masyarakat yang menggelar sedekah ruwahan juga yang memicu awal kenaikan harga, kita telah melakukan operasi pasar, sejak awal bulan April terhenti sejenak karena Pemilu,” ungkapnya kepada detiksumsel.com.

Saat ini, beberapa komoditi seperti ayam potong, cabai, bawang merah, telah mengalami kenaikan, tetapi tidak terlalu signifikan.

Untuk mengatasinya, Disperindag bersama stakeholder terkait memantau dan mengenalikan kenaikan harga, jangan sampai pada saat bulan ramadhan harga melambung tinggi.

“Operasi pasar menjadi salah satu solusi mengatasi kenaikan harga, dan ini terus kita tingkatkan,” terangnya. “Jika ditemukan ada penimbunan barang, akan kita tidak tegas. Sampai saat ini belum ditemukan,” tambahnya.

Bersama pihak bulog dan aparat kepolisian ia menerangkan, terus melakukan sidak – sidak ke pasar tradisional dan modern di berbagai kabupaten – kota di Sumsel.

“Jangan sampai kenaikan harga memacu inflasi, walaupun diprediksi ada kenaikan harga sekitar 1-2 persen,” tandasnya.(Pen)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Polda Sumsel Terima Laporan Mahasiswa Dugaan Korban Pelecehan Oknum Dosen Unsri

Palembang, Detik Sumsel — Polda Sumsel akhirnya menerima laporan mahasiswa korban dugaan pelecehan oleh oknum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *