Sekda Minta Camat Dukung Pengendalian Lingkungan | Detik Sumsel
BNI"
Sekda Lahat saat membuka rakor pengendalian lingkungan. Foto Heru/DS

Sekda Minta Camat Dukung Pengendalian Lingkungan

Lahat, Detik Sumsel — banyaknya industri pertambangan dan kehutanan yang dibutuhkan masyarakat, rupanya juga berdampak pada lingkungan. Sadar besarnya dampak tersebut, Sekda Lahat, Januarsyah Hambali meminta, para Camat di Kabupaten Lahat bisa mendukung upaya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Camat harus tahu soal aturan lingkungan hidup. Jadi bisa memberikan penjelasan ke masyarakat, jangan suka membuka lahan perbukitan,” ujar Januarsyah, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lahat, Misri ST, saat membuka rakor Kedudukan dan fungsi DDDTLH dalam proses pengendalian pembangunan, di ofroom Pemkab Lahat, Rabu (25/9).

Januarsyah menuturkan, kejadian pembukaan lahan di hutan lindung, seperti di Kecamatan Mulak Ulu beberapa waktu lalu, jangan lagi terulang. Camat harus bisa menjelaskan ke masyarakat apa dampak terburuknya. Jangan sampai kejadian tahun 1978 lalu, terulang lagi.

“Camat harus suka datang sosilisasi seperti ini, supaya punya banyak ilmu, dan bisa menghadapi masyarakat. Banjir besar tahun 1978 lalu, itu kan dampak dari masyarakat membuka hutan lindung untuk menanam kopi,” jelasnya.

Sementara, Zuchri Abdi Msc, selaku narasumber penyusunan DDDTLH, dari Pusat Pengendalian Pembangunan Eco Region Sumatera menjelaskan, pemanfaatan lingkungan juga harus ada pengendaliannya. Dengan cara membuat aturan soal daya dukung dan tampung lingkungan hidup (DDLTH), perencanaan pengelolaan, serta evaluasi dan tindak lanjut.

“Kalau membuat RPPLH, mungkin belum berani. Kita sarankan untuk membuat aturan DDLTH, hanya cukup disahkan Kepala Daerah. Karena jika siklus daya dukung dan tampung terputus, anak cucu kita nanti tidak bisa lagi menikmati lingkungan,” jelasnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

PS Palembang Bertolak ke Prabumulih untuk Liga 3

Palembang, Detik Sumsel- Tim PS Palembang resmi bertolak ke Prabumulih petang ini. Tim dilepas langsung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *