Sekda Pali Tinjau Lokasi Banjir di Tanah Abang | Detik Sumsel
Detik
Sekda Pali Tinjau Lokasi Banjir di Tanah Abang
Jajaran pemerintah kabupaten Penukal abab Lematang Ilir yang dipimpin langsung Sekda Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Syahron Nazil turun tangan meninjau lokasi bajir, pada Rabu (29/1).

Sekda Pali Tinjau Lokasi Banjir di Tanah Abang

Pali, Detik Sumsel – Kondisi banjir yang mengepung sejumlah wilayah Kecamatan Tanah Abang membuat jajaran pemerintah kabupaten Penukal abab Lematang Ilir yang dipimpin langsung Sekda Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Syahron Nazil turun tangan meninjau lokasi bajir, pada Rabu (29/1).

Tidak cukup meninjau dari kejauhan, Sekda beserta sejumlah pimpinan OPD pemkab Pali pun turut mendayung perahu kecil serta melihat secara langsung kondisi warga yang terkena imbas banjir akibat luapan air sungai Lematang.

“Dari sejumlah desa Paling parah terkena imbas banjir adalah Desa Curup Kecamatan Tanah Abang. Kita langsung tinjau bersama OPD terkait, seperti diantaranya BPBD, Dinsos dan Dinkes serta tim penanggulangan bencana,” tegas Sekda.(29/1)

Adapun sejumlah Langkah pertama jajaran Pemkab PALI dalam menanggulangi bencana banjir di sejumlah desa yang berjumlah 6 desa di wilayah Kecamatan Tanah Abang disebutkan Sekda adalah mengupayakan keselamatan warga bersama keluarganya.

“Adapun yang harus dipantau penting yakni kesehatannya, dan segera melakukan evakuasi warga apabila debit aliran air sungai Lematang terus naik. Poin penting yakni langkah awal saat ini mengutamakan keselamatan warga,” tegasnya.

Dijelaskan Sekda bahwa imbas adanya banjir sudah ada beberapa kepala keluarga yang telah mengungsi ke tempat aman yakni ke tempat keluarga mereka masing masing, namun sebagian besar masih bertahan di rumahnya masing-masing dengan kondisi seadanya.

“Sejak awal terlihat air sudah tinggi kita dirikan posko, dan langkah selanjutnya kita tengah melakukan sejumlah kajian termasuk untuk mengatasi banjir yang biasa di alami warga Desa Curup pada khususnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pali, Mudakir menjelaskan adapun penyakit yang rentan ada pada kondisi banjir atau air tergenang yakni diare dan gatal gatal.

“Kita meminta semua warga yang terkena banjir untuk waspada munculnya penyakit diare dan gatal gatal akibat warga langsung berhubungan dengan air.pihak Dinkes telah membuka posko kesehatan di balai desa serta sejauh ini belum ada laporan dan temuan warga yang menderita penyakit diare maupun gatal gatal,” ungkap Mudakir (29/1). (haw)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Diduga Dirampok, Pasutri Lansia di Talang Ubi Tewas Bersimbah Darah

PALI, Detik Sumsel- Warga Talang Tumbur, Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, kabupaten Penukal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *