Selain Covid, Malaria dan DBD Juga Hantui Warga Lahat | Detik Sumsel
Pemprov
Said Chandra Utama Alatha pengelola Klinik Al Lail Lahat, Foto Heru/DS.

Selain Covid, Malaria dan DBD Juga Hantui Warga Lahat

Lahat, Detik Sumsel – Terkait pengamanan stok obat di Kabupaten Lahat, H Said Chandra Utama Alathas, selaku pengelola Klinik Al Lail, Lahat menuturkan, saat ini pihaknya juga gemetaran akibat membludaknya pasien. Namun pihaknya meminta, Dinas Kesehatan Lahat jangan hanya fokus mengurus Covid-19, karena saat ini ada penyakit lain yang bisa merenggut nyawa, seperti Malaria dan DBD.

“Karena fokus ke covid, obat Malaria mala kosong. Saat ini hanya ada obat jenis Kina namun terbatas, sedangkan saat ini kasus Malaria dan DBD kian meningkat,” tutur Candra, Kamis (29/7), saat rapat pengamanan obat dan oksigen bersama pelaku usaha apotik dan klinik di Oproom Pemkab Lahat.

Untuk Kabupaten Lahat, menurut Candra, obat Malaria yang cocok biasanya jenis klorokuin dan suldox, namun jenis obat tersebut sudah disetop produksi. Selain itu infus D5 untuk pasien Malaria dan DBD juga sudah sulit didapat. Karena itu, pihaknya meminta Dinkes Lahat juga ikut mencari solusi, mendapatkan stok obat untuk penyakit lain.

“Kalau cairan itu tidak ada, nanti pasien mau dikasih apa. Covid memang masalah, tapi selain itu juga ada masalah lain yang bisa merenggut nyawa. Dinkes Lahat diharapkan ikut membantu mencari jenis obat tersebut,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Lahat, Taufiq M Putra menjawab, terkait obat Malaria dan DBD yang saat ini stoknya sulit didapat oleh Klinik Al Lail, hanya masalah komunikasi saja. Untuk itu pihaknya meminta klinik bisa memberikan laporan rutin ke Dinkes Lahat, baik itu terkait penyakit maupun obat-obatan.

“Dinkes Lahat ini juga ada program untuk penanganan Malaria dan DBD. Ini hanya masalah komunikasi saja,” jawab Taufiq. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Keluarga Peserta Test CPNS Bisa Saksikan Score Test via Streaming Youtube 

Baturaja, Detik Sumsel – BKPSDM OKU menyiapkan link streaming youtube khusus yang diperuntukan bagi masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *