Selain Kota Palembang Ulu, Ini Bakal Dua Daerah Baru di Sumsel

Iklan detik Sumsel

Palembang, Detiksumsel.com – Sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Selatan sangat layak untuk dimekarkan menjadi daerah otonomi baru (DOB).

Selain Kota Palembang Ulu yang siap dibentuk dan berpisah dari kota Palembang, adapula Kabupaten Banyuasin Timur dan kota Betung berpisah dari induknya kabupaten Banyuasin.

Hal ini terungkap saat ke tiga pimpinan dan pengurus presidium pemekaran bertemu dengan Syahrial Oesman selaku ketua Forum Koordinasi Daerah Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkoda) Sumsel, Sabtu (26/11/2022).

Menurut Syahrial, Sumsel sangat memungkinkan untuk dimekarkan karena beberapa pertimbangan. Diantara pertimbangannya: Sumsel ini sangat luas dengan bentang wilayah sekitar 91 592,43 KM persegi, selain itu pada tahun 2021 yang baru lalu Sumsel memiliki penduduk sekitar 8.5 juta jiwa.

Data tersebut kata Syahrial hampir menyerupai profil daerah Sulawesi Selatan. “Kita hampir sama dengan Sulawesi Selatan, Bedahnya Sulsel telah memiliki 25 kabupaten dan kota,” kata Syahrial Oesman di sekretariat Forkoda Sumsel.

Untuk diketahui saat ini Sumsel baru memiliki 17 kabupaten dan kota. Alasan lain diperlukannya pemekaran menurut mantan Gubernur ini adalah untuk mendekatkan daerah-daerah tadi ke pusat pemerintahan dan ekonomi.

Untuk itulah dia meminta Pengurus Presidium Kabupaten Banyuasin Timur, Presidium Kota Betung dan Presidium Kota Palembang Ulu untuk segera melengkapi persyaratan yang diwajibkan sesuai undang-undang berlaku seperti petah wilayah, kajian akademis, dan lahan yang akan dijadikan pusat pemerintahan dan perkantoran.

“Khusus kota Palembang Ulu tugas berat adalah menyiapkan lahan sekitar 300 Ha untuk perkantoran tapi saya yakin nanti akan bertemu solusinya,” ujar Syahrial Oesman.

Sementara itu Ahmad Aman Astra Ramli, ketua Presidium Kota Palembang Ulu mengatakan saat ini pihaknya sudah menyiapkan 5 kecamatan di seberang ulu untuk menjadi daerah otonomi baru berpisah dari kota Palembang.

Ke lima kecamatan dimaksud meliputi Plaju, Kertapati, Jakabaring, Seberang Ulu 1, Seberang Ulu 2. Selain itu pihaknya juga sedang menyiapkan segala keperluan yang diminta oleh UU dan peraturan yang berlaku.

“Pemekaran ini merupakan sebuah aspirasi masyarakat agar pelayanan pemerintah semakin baik dan rakyat makin sejahtera,” katanya.

Di tempat yang sama Slamet Somosentono, Pengurus Presidium Kabupaten Banyuasin Timur menjelaskan mereka sangat serius untuk mewujudkan kabupaten baru berpisah dari Banyuasin ini.

Untuk mewujudkan hal tersebut, sebelumnya tim juga sudah bertemu dan meminta dukungan dari ketua DPRD Sumsel, Bupati Banyuasin.

Sejauh ini kata Slamet yang juga wakil bupati Banyuasin itu, pihak-pihak tersebut sangat mendukung. “Kami dari Banyuasin timur tetap berjuang meskipun moratorium sendiri belum dicabut oleh presiden,” katanya.
(rezah)

Komentar