Selama Libur Natal dan Tahun Baru, Bengkel TAG Tetap Operasional | Detik Sumsel
Pemprov
Petugas bengkel tengah memberikan cindaramata kepada konsumen (Maya/detiksumsel.com)
Petugas bengkel tengah memberikan cindaramata kepada konsumen (Maya/detiksumsel.com)

Selama Libur Natal dan Tahun Baru, Bengkel TAG Tetap Operasional

Palembang, Detik Sumsel –  Banyaknya masyarakat yang merencanakan bepergian keluar kota pada saat natal dan tahun baru, memberikan pengaruh terhadap jumlah servis kendaraan dari biasanya 60 unit kendaraan perhari menjadi 70 unit jumlah kendaraam yang masuk untuk melakukan servis baik servis ringan maupun servis berat.

Kepala Bengkel (Kabeng) PT Tunas Auto Graha (TAG) Cabang Palembang, Ragil Kuncoro mengatakan, jelang natal dan tahun baru ada peningkatan 10 unit perhari custamer yang melakukan servis kendaraan, dan rata – rata kendaraan yang akan bepergian jauh.

“Kendaraan tipe Fortuner dan Innova memang masih mendominasi servis,” jelasnya ketika diwawancara, Minggu (22/12).

Ragil menambahkan, konsumen yang ingin servis jangan khawatir karena selama libur natal dan tahun baru bengkel tetap operational seperti biasa jam 08.00 WIB pagi sampai jam 17.00 WIB , hari minggupun tetap buka tapi hanya pukul 14.00 WIB.

“Kita hanya tutup pada tanggal 25 Desember atau hari Natal dan pada tanggal 1 Januari libur tahun baru,”tegasnya.

Ditambahkanya, seperti tahun – tahun sebelumnya, peningkatkan rata-rata diangka 10 persen.

Bagi konsumen yang ingin melakukan servis kendaraan dengan kilometer 60 ribu keatas, akan mendapatkan hadiah langsung berupa souvenir cantik berupa poles body dan mikropiber, khusus untuk konsumen yang melakukan booking H – 2 dan servis dilakukab diatas pukul 12.00 WIB keatas.

Ragil mengingatkan kepada konsumen yang merencanakan bepergian dilibur panjang ini mengunakan kendaraan, ada bebeapa hal yang perlu diperhatikan.

Harus bijak sebelum bepergian, kondisi badan harus prima dan pastikan  mobil juga harus sehat seperti servis rutin enam bulan sekali dan cek seluruh kondisi mesin, kabulator dan juga mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan ketika ada kerusakan kendaraan selama perjalanan.

Selain itu jelas Ragil, ada beberapa hal yang perlu diperhatika sebelum menikmati liburan. Yang pertama kecepatan kendaraan. Mengemudikan mobil dalam kecepatan rendah agar tidak kehilangan kendali ketika melalui jalan licin (hydoplaning).

“Kemudian jaga jarak kendaraan. Demi menjaga keamanan dan kondisi yang tidak diinginkan pastikan jarak kendaraan aman untuk terhindar dari tabrakan/rem mendadak,”terangnya.

Pastikan kondisi fisik kendaraan. Seperti ban, tekanan angin ban dan ketebalannya masih baik dikarenakan traksi/daya cengkram, langsung bersentuhan dengan aspal dapat menciptakan pengereman, manuver dan handling yang maksimal.

“Kanvas rem, salah satu yang paling vital yang terpasang di kendaraan untuk memperlambat laju kendaraan. Pastikan pemeriksaan dan ketebalan dari kanvas rem tersebut secara berkala 6 bulan,”tuturnya.

Wiper, untuk menjaga visibility jarak pandang kendaraan di waktu hujan untuk menyapu air di kaca depan dan belakang dan pengecekan air wipernya secara berkala.

“Selanjutnya, pastikan fitur-fitur di dashboard kendaraan Anda bekerja dengan baik jika ada standar pabrikan,” kata Ragil.

Serta VSC (Vehicle Stability Control) untuk mencegah tergelincirnya mobil saat sedang melaju (secara otomatis). ABS (Anti lock Brakinf System) mencegah penguncian rida saat pengereman mendadak/kejut. TRC (Traction Control) mencegah slip roda saat akselerasi. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tampilkan Konsep Berbeda, Karaoke Queen Hadir Lebih Elegan dan Lengkap

Palembang Detik Sumsel -Mengedepankan konsep yang berbeda dan lebih elegan, Karaoke keluarga Queen yang berada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *