Selama Nataru, Trafik Data XL Axiata Melonjak Hingga 70 Persen | Detik Sumsel
Pemprov
Petugas XL tengah melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas jaringan.(Ist)

Selama Nataru, Trafik Data XL Axiata Melonjak Hingga 70 Persen

Palembang, Detik Sumsel – Secara nasional selama periode 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, rata-rata terjadi peningkatan trafik pemakaian layanan data XL Axiata oleh pelanggan meningkat hingga 15%, dengan kenaikan tertinggi mencapai 70%.

Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik percakapan (voice) mengalami penurunan sebesar 6% dan untuk trafik SMS mengalami kenaikan 2% dibandingkan hari biasa.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, pandemi covid-19 tidak serta-merta menghentikan masyarakat untuk merayakan Hari Natal dan Tahun Baru. Meski tidak leluasa beraktvitas di luar ruang, namun mereka tetap bisa mengisi masa liburan dengan beragam aktivitas digital.

“Hal ini bisa dilihat dari trafik data di area pemukiman yang naik sekitar 7% dibandingkan hari normal, dengan hampir semua jenis layanan data trafiknya ikut naik,” ungkapnya melalui rilis kepada detiksumsel.com, Rabu (06/01).

Dia menjelaskan, adapun beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan cukup signifikan yakni di kota Jakarta, Medan, Semarang, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Palembang, Cibubur dan Cirebon.

Kenaikan trafik data tertinggi pada Hari Natal, antara 24 – 25 Desember 2020, secara rata-rata meningkat sebesar lebih dari 3% dibanding hari biasa, dengan kenaikan tertinggi mencapai sekitar 17%. Jika dibandingkan dengan Natal tahun sebelumnya, kenaikan trafik yang terjadi mencapai lebih dari 40%.

Sementara itu, untuk trafik Tahun Baru, antara 31 Desember – 1 Januari 2021, kenaikan rata-rata trafik data mencapai 10% dibandingkan hari normal. Kenaikan tertinggi mencapai sekitar 70%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, terjadi kenaikan trafik data hingga 40%.

Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum mengalami peningkatan sebesar 6%, termasuk didalamnya streaming video Youtube, Facebook, Instagram, Tiktok meningkat sebesar 6%, film dan saluran TV (Nietflix, Iflix, Viu, Vidio) juga meningkat 4%, musik (Spotify, Joox, Google Music, Youtube Music) meningkat 2%, selain itu Trafik akses ke layanan belanja online (Lazada, Shopee, Tokopedia) mengalami penurunan sebesar -22%,

Ditambahkannya, kenaikan trafik XL Axiata secara rata-rata di wilayah Sumatera selama periode Natal dan Tahun Baru 2021 terjadi di Bangka Belitung sebesar  10%, Lampung 8%, Sumatera Barat 6% dan Sumatera Selatan 4%. Wilayah tujuan wisata popular Sumatera Barat dan Bangka Belitung yang biasanya mengalami kenaikan trafik signifikan, tahun ini kenaikan sebesar 6% dan 10% di banding hari biasa. (ril/May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pacu Ekonomi Lewat Pasar Modal

Palembang, Detik Sumsel- Guna memberikan pemahaman mengenai Pasar Modal yang punya peran penting bagi perekonomian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *