Selama New Normal, Pengiriman Barang Naik 10-15 Persen | Detik Sumsel
Pemprov
Suasana lokasi jasa pengiriman barang (Ist)

Selama New Normal, Pengiriman Barang Naik 10-15 Persen

Palembang, Detik Sumsel – Perubahan kebiasaan (New Normal) masyarakat dalam berbelanja saat kondisi Pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat beraktifitaa dirumah saja, membuat bisnis logistik naik signifikan.

Selama Pandemi jelas ketua Asosiasi Perusahaa Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Sumsel Haris Jumadi, permintaan pengiriman barang meningkat 10 hingga 15 Persen saat pandemi.

“Ada bisnis logistik yang naik saat pandemi tapi ada juga yang permintaanya turun tergantung dari jenis bisnis yang dijalani anggota Asperindo,” ujar Haris, Minggu (22/11).

Ia menambahkan, permintaan pengiriman barang naik yakni jenis makanan kering, atau barang produk e commerce karena saat ini e commerce banyak memberikan promo untuk bisa menggaet pelanggan dengan gratis ongkos kirim dan lainnya.

Barang yang paling banyak masuk ke Sumsel melalui bisnis logistik ini, yakni produk konsumsi misalnya bahan makanan ringam, produk oleh-oleh dari luar kota hingga produk fashion.

Sedangkan untuk barang yang paling banyak dikirim konsumen melalui layanan logistik ke luar kota tetap paling banyak Pempek karena permintaan kuliner ini tidak pernah sepi meski di tengah pandemi.

Ditambahkan Haris, bisnis logistik saat ini juga semakin cepat waktu pengirimannya karena adanya akses jalan tol sehingga tujuan pengiriman ke Jabodetabek bisa sampai satu hari dengan paket ekspres. Layanan ini paling banyak dimanfaatkan UMKM mengirim produk kulinernya karena produk makanan tetap bagus hingga tujuan meski melalui jalur darat.

Pengiriman dengan alur darat juga lebih terjangkau dan lebih luas aksesnya karena layanan kargo saat ini belum maksimal karena jadwal penerbangan belum sepenuhnya beroperasi penuh ke semua rute pengiriman.

“Pengimaman pempek dan kuliner basah masih bisa dikirim via darat, dengan estimasi masa pengiman maksimal dua hari,” ungkapnya.(May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

PPKM di Perpanjang Lagi, Penumpang Pesawat Wajib PCR

Palembang, Detik Sumsel – Perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 1 November mendatang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *