Semburan Gas Dikebun Warga Lahat | Detik Sumsel
BNI"
Lingkungan Hidup bersama Pertamina Prabumulih dan warga tinjau lokasi sumur gas, foto istimewa.

Semburan Gas Dikebun Warga Lahat

Lahat, Detik Sumsel – Warga Desa Babatan, Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat, menemukan sumur gas yang menyembur di lokasi perkebunan warga. Semburan gas ini pertama kali ditemukan oleh pemilik lahan, saat sedang membuka areal itu untuk jadi lahan perkebunan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat, Ir Agus Salman, melalui Kabid Penataan dan Penaatan PPLH, Dinas Lingkungan Hidup Lahat, Eddy Suroso ST Msi membenarkan adanya temuan itu. Pihaknya bersama PT Pertamina Prabumulih, bahkan telah meninjau lokasi yang dilaporkan.

“Ya benar, tim sudah lakukan identifikasi terhadap potensi gas juga kualitas air yang terkena dampak, dari aliran lubang gas dan minyak tersebut,” terang Eddy Suroso, Minggu (7/11).

Eddy menambahkan, hasil identifikasi itu didapat pada saat siang hari, ketiga gas mudah menguap. Pihaknya takutkan, ketika gas di temperatur rendah seperti malam atau pagi hari. Diman gas bisa terakomulasi di areal tersebut, sehingga bisa memicu adanya ledakan dan kebakaran.

“Memang ada Gasnya. Secepatnya kita laporkan ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk kajian lebih lanjut,” sampai Eddy. Pihaknya juga akan mengundang perusahaan yang memiliki wilayah kerja di areal tersebut, jika hasilnya bisa untuk dikelola.

Sementara, Akmad Sujiani, Kades Babatan menuturkan, temuan lubang gas tersebut sudah sekitar satu bulan terakhir. Saat ini aroma gas sudah tercium menyengat ketika di areal perkebunan.

“Kami berharap segera ada solusinya. Baik itu harus ditutup ataupun di olah. Karena ini juga berdampak bagi lingkungan, aliran air jadi terkontaminasi, lahan tersebut jadinya tidak bisa diolah,” tutur Akmad Sujiani.

Untuk mencegah adanya kelalaian, Akmad Sujiani mengatakan, pihak desa akan memasang batas dan spanduk larangan bagi warga untuk masuk ataupun merokok di areal tersebut.

“Semoga cepat ada solusi dari pemerintah. Bagi kami yang terpenting tidak ada pencemaran lingkungan, aman dari bahaya dan lahan juga bisa kembali digarap,” ucapnya. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

RA Anita Pimpin Kembali DPD KPPI Sumsel Periode 2021-2026

Palembang, Detik Sumsel – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *