Sengketa Lahan, Warga dan PT SMS Tempuh Jalur Hukum | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Sengketa Lahan, Warga dan PT SMS Tempuh Jalur Hukum

Lahat, Detik Sumsel – Persoalan antara warga Eks Transmigrasi Mekar Jaya SP IV TT III, Kecamatan Kikim Barat dengan perusahaan sawit PT SMS, bakal berujung dijalur hukum. Pasalnya mediasi antara warga dengan pihak perusahaan dan pemerintah, belum menemukan titik ujung.

Lahan yang diperbutkan ini seluas 1,666 hektar, berada di HGU PT SMS, lokasinya di Desa Mekar Jaya. Namun menurut warga, tahun 1996 lalu lahan tersebut sudah disetifikatkan, dan pada tahun 1998 Pemkab Lahat sudah SK terkait kepemilikan lahan tersebut jadi milik warga.

“Disini kami mengadu kepada pemerintah, dan anggota DPRD Lahat, atas klaim lahan yang diklaim PT SMS itu. Karna menurut bukti yang ada, lahan itu statusnya sudah milik warga,” kata Niko Ferlino SH CPL, kuasa hukum warga, Selasa (12/1).

Baca Juga :   Lantik 29 Pejabat, Wabup Ajak Tingkatkan Kinerja

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Lahat, Nizarudin menegaskan, kapasitas DPRD khususnya Komisi 1 yang mengurusi persoalan lahan, hanya sebatas penjembatan antara PT SMS dengan warga Desa Mekar Jaya. Nizarudin menyingkapi, semua pihak memiliki opini masing-masing, penyelesaian permasalahan ini hanya bisa dilakukan jika Pemkab Lahat tegas mengambil tindakan.

“Jika warga merasa tidak puas akan hasil Selasa lalu, lebih baik ambil jalur hukum saja. Terpenting jangan sampai ada aksi-aksi yang berujung merugikan warga sendiri,” tegas Nizarudin, Rabu (13/1).

Pada saat rapat dengar pendapat (RDP) di DPRD Lahat Selasa lalu, hadir juga memberikan penmdapat diantaranya,Kepala BPN Lahat, Ir Romanus, Asisten 1 Rudi Thamrin SH, Kadis PU Perkim Limra, Camat Kikim Barat Darwis, Kadis Transmigrasi dan Kependudukan Mustofa Nelson.

Baca Juga :   Warga Keluhkan Karnaval dan Pawai Pembangunan di Pagaralam Finish Malam Hari

“Seluruh lahan yang dipersoalkan seluas, 1,888 Ha. Tuntutan awal dari lahan poeyang itu seluas 5250 Ha, dan sudah inkra,” jelasnya. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Desak Pemkot Pagaralam Harus Miliki Alat Tes Swab PCR

Pagaralam, Detik Sumsel- Terus bertambahnya kasus terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona (Covid-19) dan kasus yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *