Seragam Satpam Mirip Polisi Sudah Mulai Diterapkan | Detik Sumsel
Pemprov
Ilustrasi petugas satpam di Soma yang telah mengunakan seragam baru (maya/detiksumsel.com)

Seragam Satpam Mirip Polisi Sudah Mulai Diterapkan

Palembang, Detik Sumsel – Kebijakan mengubah seragam satpam menyerupai seragam polisi sudah diterpapkan di Palembang.

Di Sosial Market misalnya kawasan kuliner dan hiburan ini petugas satuan pengamanannya sudah menggunakan seragam coklat mirip polisi.

Area Head Representatif Sigap Prima Astrea Sumsel, Sony Salim mengatakan, perusahaan penyedia jasa keamanan Sigap hingga kini belum menggunakan seragam satpam baru karena masih dibuat dari Jakarta. Penggunana seragam baru juga kini ditertibkan lagi oleh sejumlah perusahaan penyedia satpam karena masih ada ditemui kesalahan penggunaan seragam.

Kesalahan itu wajib diluruskan karena penggunaannya diatur perpol no 4 tahun 2020 sehingga harus jelas dan bisa dibedakan oleh masyarakat antara polisi dan satpam mesi sekilas sama warnanya.

“Dalam waktu dekat petugas Sigap bakal menggunakan seragam baru karena saat ini masih pengeraman sebab masih banyak ditemukan seragam dan atribut yang tidak sesuai,” ujarnya saat diwawancarai via telepon Selasa (05/01).

Sony mencontohkan penggunaan atribut yang tidak sesuai yakni baju dinas satpam dikeluarkan, memakai baret, pangkat satpam diletakkan di kerah bukan di pundak, atribut satpam dikasih list merah, memakai wing, celana warna hitam bukan coklat tua, dan sebagainya.

Padahal seharusnya seragam satpam bajuya dimasukkan ke dalam bukan dibiarkan keluar, label nama dan label satpam di dada dibuat dari bahan dasar putih buk coklat, tanda pangkat dipundak bukan di kerah, di dada kiri pakai lencana kewenangan, papan nama dibuat dengan dibordir bukan dari mika atau logam, tutup kepala pelket atau pet bukan baret.

“Penggunaan seragam satpam mirip polisi tidak disemai tempat misalnya bagi petugas yang berjaga di mall, kantor saja karena seragam.itu mengantika segaram pakaian dinas harian, kalau petugas jaga malam tetap menggunakan seragam PDH,” jelas Sony.

Perubahan seragam satpam itu tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Aturan mengenai seragam satpam sebelumnya diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah.

Dalam Perkap sebelumnya, seragam Pakaian Dinas Harian (PDH) satpam adalah kemeja lengan pendek berwarna putih, celana panjang biru tua untuk laki-laki, serta rok panjang atau kulot untuk perempuan.

Kemudian, Pakaian Dinas Lapangan (PDL) terdiri dari kemeja lengan panjang dan celana panjang biru tua untuk laki-laki dan perempuan.

Warnanya pun telah diubah oleh Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis menjadi coklat muda untuk baju serta coklat tua untuk celana.

“Coklat merupakan warna netral yang melambangkan kebersahajaan, pondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman, dan nyaman, serta rasa percaya, keanggunan, ketabahan, dan kejujuran,” tuturnya.

Selain itu, jenis seragam satpam juga bertambah menjadi lima macam. Di peraturan sebelumnya, hanya terdapat empat macam seragam satpam.

Kelimanya terdiri dari, PDH, Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).(May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Hadirkan Rejeki Wow Treasure di Hunt Ketiga, Hadiah Miliar Rupiah

Palembang, Detik Sumsel – Setelah sukses membagikan hadiah sekaligus membuka peluang baru untuk lebih dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *