Serda Sukarji Belajar Menanam Cabai Dengan Sistem Mulsa Plastik | Detik Sumsel

PKN
Pemprov

Serda Sukarji Belajar Menanam Cabai Dengan Sistem Mulsa Plastik

Pati, Detik Sumsel – Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati tahun anggaran 2021 di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa tengah sudah memasuki hari ke-14 sejak dibukanya tanggal 15 Juni 2021. Seluruh kegiatan fisik maupun non fisik telah dilaksanakan.

Namun, kegiatan komunikasi sosial (komsos) oleh anggota Satgas TMMD terus dilakukan dalam rangka upaya membangun kedekatan TNI dengan rakyat. Selain itu, kegiatan komsos saat pelaksanaan TMMD bertujuan untuk menjaga keakraban TNI Satgas TMMD dengan masyarakat setempat.

Seperti yang dilakukan Serda Sukarji diwaktu luangnya dalam pengerjaan sasaran fisik TMMD, membantu Bapak Sumarno (54) warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, yang sedang memasang mulsa plastik pada tanaman cabainya. Senin (28/6/2021)

Baca Juga :   Berkah Rejeki Bagi Penjual Cilok di Penutupan TMMD

Dalam kesempatan tersebut Sumarno menjelaskan, menanam cabe sistem mulsa plastik merupakan salah satu teknik menanam cabe yang banyak di pakai untuk membudidayakan tanaman cabe, terutama untuk mereka para petani yang hendak menanam dalam skala luas. Cara menanam dengan sistem mulsa plastik ini hanya diterapkan karena mudah dalam proses persiapan, perawatan serta minim biaya.

Lanjutnya, pemasangan mulsa platik yang berwarna hitam menghadap ke bawah dan yang berwarna perak menghadap ke atas. Kebutuhan per hektar mulsa plastik hitam perak dengan lebar 120 cm adalah 12 roll. Pemasangan mulsa plastik sebaiknya saat matahari terik agar proses pemuaian optimal dan mulsa dapat menutup rapat pada bedengan.

Baca Juga :   Karena jasa TNI Rumahku Menjadi Lebih Baik dan Bernilai

Mulsa plastik banyak digunakan pada budidaya tanaman hortikultura seperti cabai, tomat, terong, seledri, kubis, sawi, okra, paprika dan lain sebagainya.

“Adapun manfaat dari pemasangan mulsa plastik ini adalah dapat mengatur dan menjaga kelembaban tanah agar tetap normal Dapat menjaga suhu mikro tanah agar tetap optimal
Mencegah erosi dan pencucian hara saat musim hujan Menekan pertumbuhan gulma pengganggu sehingga menghemat biaya penyiangan mencegah serangan hama penyakit akibat pantulan sinar UV dari mulsa plastik hitam perak,” terang Sumarno. (0718)



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Polemik Harga BBM Malaysia vs Indonesia, Bambang Haryo : Menteri BUMN Erick Thohir Harus Fokus dan Sensitif

Jakarta, Detik Sumsel- Pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir dan Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.