Serda Sukarji Belajar Operasikan Mini Traktor | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Serda Sukarji Belajar Operasikan Mini Traktor

Pati, Detik Sumsel – Mini traktor merupakan jenis traktor yang dilengkapi dengan dua buah poros, traktor ini mempunyai ukuran yang kecil yang difungsikan untuk membajak lahan sawah atau perkebunan yang sempit. Traktor mini biasanya di gunakan petani sayuran untuk pengolahan media tanamnya.

Seperti terlihat, kali ini Serda Sukarji anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Kodim 0818/Pati, sedang mencoba mengoperasikan Traktor mini di lahan perkebunan milik Bapak Sholekan (49) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Senin (05/7/2021).

Baca Juga :   Satgas TMMD Komsos Tumbuhkan Semangat Belajar Dirumah

Dalam kesempatan tersebut Serda Sukarji mengatakan, ia baru kali ini melihat jenis traktor kecil dan pertama pula memegangnya. Tak hayal, dengan seijin Bapak Sholekan ia mencoba mengoperasikan traktor mini tersebut.

“Ternyata asyik juga mengoperasikan traktor ini, tidak berat pula. Hanya kita harus fokus dalam mengendalikan laju traktor biar tetap lurus sesuai sasaran. Memang tidak selincah operator yang aslinya, namun setidaknya saya sudah merasakan menjadi operator walaupun cuma sebentar,” katanya.

Sementara Sholekan operator traktor sekaligus pemilik lahan menjelaskan bahwa dirinya sengaja membili alat ini untuk meringankan pengolahan lahan perkebunannya. Pasalnya untuk mencari tenaga mencangkul sekarang sulit dan upahnya juga lumayan besar.

Baca Juga :   Ajak Anak - anak Untuk Belajar di Rumah Dimasa Pademi Covid-19

“Ini silusi untuk mengolah lahan perkebunan milik saya. Ternyata menggunakan alat ini terbukti efektif dan bisa menekan biaya produksi. Lahan seluas ini bisa saya kerjakan sendirian tanpa ada yang membantu. Untung ada TNI anggota Satgas TMMD yang membantu saya, sehingga saya bisa sedikit ambil nafas,” tutur Sholekan. (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pemerintah Targetkan 500 Ribu Testing per Hari untuk Mengendalikan COVID-19

Jakarta, Detik Sumsel- Menyusul pengumuman perapan perpanjangan PPKM Level 4, pemerintah menegaskan bahwa perkembangan virus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *