Serda Sukarji Melihat Langsung Proses Bubut Kayu | Detik Sumsel
Detik

Serda Sukarji Melihat Langsung Proses Bubut Kayu

Pati, Detik Sumsel – Seperti hari-hari sebelumnya, Serda Sukarji selalu berkeliling kampung saat ada waktu luang. Seperti terlihat Ia sedang berada di rumah Jamari (42) seorang tukang bubut kayu warga Dukuh Kemiri RT.01, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken Kabupaten Pati, Jum’at (18/6/2021)

Jumari memang ahlinya bubut kayu, yang biasa menerima orderan dari perusahaan mebel. Di Desa ia sudah cukup kenal warga karena keahliannya tersebut. Untuk itu Sukarji anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim Pati tertarik untuk melihat langsung proses pembubutan kayu menjadi suatu barang yang ada nilai seninya.

Sementara dalam kesempatan tersebut Jumari menjelaskan, ia masih menggunakan mesin bubut yang masih setengah modern, mesin yang digerakkan dengan motor listrik. Pekerjaan ini butuh kesabaran dan ketelian agar barang yang dihasilkan benar-benar sesuai pesanan.

“Dulu saya sempat kuwalahan pengerjaan pesanan, pasalnya bangunan rumah sekarang sudah menggunakan barang-barang yang siap pasang, seperti lubang ventilasi dan yang lainnya,” tuturnya.

Lanjutnya, saat orderan yang paling banyak adalah kaki-kaki kursi dan tempat tidur. Tapi ya lumayan Pak, masih saja orderan yang masuk, hasilnya pun bisa untuk mencukupi kebutuhan keluarga,” pungkasnya. (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kecam Pernyataan Edy Mulyadi, BPD HIMPI Sumsel: Kalimantan Memiliki Beribu Potensi

Palembang, Detik Sumsel – Dukungan pemindahan Ibukota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur nampaknya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *