Setahun Diburu, Pencuri Ban Serep Tersungkur Diterjang Peluru | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Muaz Zarkasyi pelaku pencurian ban serep saat di introgasi anggota unit III Jatanras Polda Sumsel

Setahun Diburu, Pencuri Ban Serep Tersungkur Diterjang Peluru

Palembang, Detik Sumsel – Setahun lebih diburu petugas, Muaz Zarkasyi (30) pelaku spesialis pencurian ban serep mobil truk akhirnya berhasil diringkus anggota unit III Jatanras Polda Sumsel dirumahnya Jalan Ratna, Kelurahan Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil Palembang Senin (5/4/2021).

Petugas terpaksa memberikan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki tersangka karena berupaya kabur saat akan ditangkap.

Terhitung aksi pencurian ban serep yang dilakukan Muaz bersama Aji Saputra (sudah menjalani hukuman) dan Paibon (DPO) mencapai 30 tempat meliputi sepanjang jalan Palembang sampai Prabumulih sebanyak sepuluh kali dan di Jalan Palembang Betung sampai perbatasan Jambi sebanyak 20 kali dengan sasaran mobil truk yang sedang berhenti di pinggir jalan maupun di rumah makan.

Dihadapan petugas yang mengintrogasinya Muaz mengaku ia bersama dua orang temannya datang ke beberapa TKP dengan menggunakan mobil Xenia yang mereka rental. Sasaranya mobil truk yang terparkir dipinggir jalan dan sedang berhenti di rumah makan. Saat itu ada bertugas sebagai driver sedangkan Aji dan Paibon sebagai eksekutor memetik ban serep dengan peralatan besi panjang untuk membuka ban serep yang terpasang dibagian bawah bak truk.

“Kami mulai bekerja dari jam satu malam sampai subuh bisa empat sampai lima tempat lokasi dalam semalam kami bisa dapat empat ban serep. Satu ban serep kalau yang masih bagus laku dua juta, kalau yang seken 1,2 juta. Ban nya kami juga kepada penampung,”katanya kepada wartawan Selasa (6/4/2021).

Dikatakan Muaz, saat beraksi mereka membekali diri dengan senjata tajam dan senjata api jenis air sof guns. Saat aksi mereka kepergok korban, korban diancam dengan senpi. “Pernah aksi kami kepergok korban, tapi korban langsung kami ancam dengan senpi sehingga mereka takut,”katanya.

Diakui Muaz, selama menjadi buronan ia lari ke Jakarta dan bekerja sebagai sopir trailer. “Saya sudah tahu kalau aji sudah ditangkap. Tapi saya tidak mau mengapa. Saya pernah ke kampung halaman saya di Flores melihat orang tua meninggal,”kata pria asal Flores ini.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel Kombes Pol Hisar Siallagan mengatakan pelaku Muaz DPO spesialis pencurian ban serep pelaku sudah menjadi Target Operasi Subdit III Jatanras hampir setahun. Baru kemarin anggota mendapat informasi pelaku berada dirumah nya sehingga langsung dilakukan penggerebekan. Namun saat akan ditangkap pelaku berupaya melarikan diri sehingga diberikan tindakan tegas dan terukur.

“Pelakunya seluruh berjumlah tiga orang, satunya sudah tertangkap dan satu pelaku yang identitas nya sudah dikantongi masih dalam pengejaran petugas,”tandasnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Usai Renovasi Karena Terbakar, HNU Hadiri Syukuran Rumah Keluarga Syariful

Muaraenim, Detik Sumsel- Betapa bahagianya keluarga Syariful warga Dusun VI, Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *