Siap Gelar Even Berskala Besar, Tinggal Tunggu Aturan Prokes | Detik Sumsel
Pemprov

Siap Gelar Even Berskala Besar, Tinggal Tunggu Aturan Prokes

Palembang, Detik Sumsel – Pelaku usaha menyambut baik niat Pemerintah yang mulai memberikan kelonggaran kegiatan berskala besar, seperti konferensi, pameran dagang, acara olahraga, festival, konser, pesta hingga acara pernikahan besar.

Kelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat ini seiring kasus COVID-19 yang menurun. Salah satunya, kelonggaran untuk kegiatan yang melibatkan orang banyak, dengan syarat harus tetap menjalankan peotokol kesehatan yang ketat.

Vice General Manajer Palembang Trade Center, Felice mengatakan, saat ini tingkat kunjungan mal memang mengalami peningkatan pasca pelonggaran namun hal tersebut belum signifikan.

“Untuk mendorong tingkat kunjungan tersebut kami menggelar berbagai even seperti wedding exhibition agar pengunjung ke mall tambah meningkat” katanya, Selasa (05/10).

Ia mengatakan, sebenarnya untuk even besar seperti konser sebagaimana PTC memang terkenal dalam hal tersebut sudah ada beberapa yang berminat namun sebatas pembicaraan dan belum realisasi . Ini karena pengiat usaha ini masih ragu dan takut.

“Mereka masih takut sebab khawatir nya sudah siap tiba tiba di cancel seperti saat PPKM Level IV. Ya bayangin tiba tiba di stop tanpa pemberitahuan,” ujarnya.

Tapu kemungkinan besar di tahun 2022 mendatang vendor baru mau mengelar even besar. Sembari menunggu keputusan lebih lanjut dari pemerintah mengenai aturan untuk mengelar pertunjukan.

“Even tetap tapi prokes harus jalan dan ini yang belum ada, bagaimana pelaksanaan di lapangan, semoga saja 2022 nanti sudah ada,”katanya.

Sedangkan Owner Dua Beradek Songket, Faisal menambahkan, saat ini event dan kegiatan di Sumsel sudah sangat meningkat. “Sudah mulai naik, ” katanya beberapa waktu lalu.

Dikatakanya, peningkatan akan semakin terasa pada Oktober ini karena sudah banyak even digelar oleh swasta maupun pemerintah. “Tahun depan pun akan semakin banyak even digelar apalagi ada kebijakan kegiatan skala besar. Tapi itu tadi kami tunggu keputusan atau aturan terkait penyelenggaraan event resmi dari pemerintah, “ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sumsel, Sumarjono Saragih menambahkan, adanya pelongaran ini tentu sangat berdampak baik terhadap kegiatan ekonomi masyarakat karena semua akan kembali mengeliat. “Tapi prokes harus tetap disiplin dan diperketat jangan sampai ada clustur baru dari sebuah event,”katanya.

Dikatakanya , sudah seharusnya pemerintah harus realistis dan jangan memakai kaca mata kuda. Semua harus menyesuaikan dengan kondisi. “Jangan terlalu kaku dan ketika ada kebijakan langsung tutup, harus juga memikirkan dampaknya, kalau tidak akan ketinggalan kereta, “ucapnya.

Untuk itu tambahnya, saat perhelatan even pemerintah harus minta jaminan kepada para pelaku usaha bahwa kegiatan aman digelar. Bisa perlu mereka juga meminta pendapat, pendampingan dari satga Covid -19 guna memastikan even itu aman digelar. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tunjukkan Kartu Vaksin, Gratis 1 Jam Karaoke

Palembang, Detiksumsel – Studio Family Karaoke yang berada di komplek OPI Mall menawarkan beragam promo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *