Siapkan Program Tabungan Haji Udin

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel- Bank Sumsel Babel (BSB) mengedukasi masyarakat agar bisa mempersiapkan haji sejak dini agar semakin cepat mendapat porsi haji karena daftar tunggu haji saat ini semakin panjang.

Bank Sumsel Babel menyediakan tabungan haji sejak usia dini (Udin) jadi anak-anak bisa langsung didaftarkan oleh orangtuanya dalam tabungan haji sehingga saat usia 20 tahunan nanti sudah bisa mendapatkan porsi haji.

Direktur Utama Bank Sumsel Achmad Syamsudin mengatakan mempersiapkan rukun Islam ke lima ini harus dipersiapkan sejak dini sebab jika usai dewasa atau tua bakal terlalu lama antre berangkat haji sehingga juga akan berdampak pada kesehatan dan produktivitas calon jemaah haji.

“Haji memang dilakukan jika mampu, nah agar mampu itu kita harus siapkan sejak dini jadi dengan tabungan haji usai dini ini bisa dilakukan sejak anak bayi dan saat mereka dewasa nanti sudah dapat porsi haji dan kondisi tubuh juga fit. Berbeda jika usia sudah 40-50 tahunan baru mau daftar haji maka usai 60-70 tahunan baru dapat porsi haji dan itu sudah tua,” kata Syamsudin disela – sela lounching Udin dan pembagian santunan pada anak yatin piatu,Rabu (28/04)

Dia mengatakan tabungan haji usai dini ini mudah sekali syaratnya cukup buka tabungan tasbih usia dini dengan setoran awal Rp 25 ribu dan bisa menabung Rp 100 ribu per bulan dengan estimasi menabung 20 tahun sudah bisa mendapat porsi haji.

Semakin besar setoran tabungannya maka semakin cepat didaftarkan untuk mendapat kepastian kursi haji.

Mekanisme tabungan hajinya juga sama dengan tabungan haji regular lainnya yakni saat tabungan sudah mencukupi untuk menyetor porsi haji maka akan langsung didaftarkan sehingga daftar tunggu haji bisa dapat lebih cepat.

Bayi yang baru lahir pun bisa langsung didaftarkan dengan melengkapi identitas KTP orangtuanya saja. Jadi nanti tabungan hajinya atas nama orangtuanya dan jika akan sudah punya identitas baik itu akta lahir atau kartu pelajar maka tabungan ini nanti akan dialihkan atas nama anaknya.

“Kalau tidak disiapkan sejak dini akan lama dapat porsi hajinya sebab sekarang saja daftar tunggu haji Sumsel 22 tahun dan Bangka Belitung 25 tahun jadi bisa dibayangkan lamanya kalau langsung daftar sekarang bagi orangtua yang akan berhaji,” katanya.

Dengan setoran awal sebesar Rp25.000, maka generasi muda millennial sudah dapat memiliki Tabungan Tasbih Haji U-din. Selain itu, Tabungan Tasbih Haji U-din juga memberikan sejumlah benefit lain seperti Bebas Biaya Adminsitrasi, dicover asuransi Jiwa (usia di atas 5 tahun), terintegrasi dengan SISKOHAT, Manasik dan Souvernir Haji Gratis, serta berhadiah langsung (SK berlaku).

Layanan pembukaan Tabungan Tasbih Haji U-din dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang/Capem Bank Sumsel Babel baik Syariah maupun melalui layanan Office Channeling Konvensional.

Sementara itu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel Prof Ramli mengatakan haji sejak dini sangat bagus dicanangkan agar orangtua bisa mempersiapkan haji anaknya sejak sekarang. Sebab jika usai 50 tahun baru mau daftar haji dengan daftar tunggu puluhan tahun maka sudah memasuki usai resiko tinggi.

Kalau usia resiko tinggi (resti) menjalankan ibadah juga tidak bisa maksimal karena biasanya ada penyakit bawaan atau kendala kesehatan lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi terobosan BSB ini menyediakan tabungan haji usia dini sebab haji memang harus dipersiapkan dengan baik,” ujarnya.(May)

Komentar