Sikapi Fenomena yang Terjadi di OKU, Forkopimda Gelar Fokus Group Diskusi

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Baturaja, Detiksumsel.com – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar kegiatan silaturahmi sekaligus forum group diskusi (FGD) di Hotel Zuri Baturaja.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa (27/9/2022) sore ini menyikapi masalah dinamika dan fenomena yang terjadi di Bumi “Sebimbing Sekundang”. Kegiatan ini dihadiri Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, SSTP, MM, MPd, Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo SIK, Dandim 0403 OKU Letkol Inf Ferizal R, SIP, Kajari OKU Asnath Anytha Idatua Hutagalung, SH, MH, Ketua DPRD OKU Ir H Marjito Bachri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

 “Kegiatan ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin kami. Kami Forkimpda berkumpul bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat, menyikapi dinamika dan fenomena yang terjadi di Kabupaten OKU,” kata Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, SSTP, MM, MPd saat dibincangi awak media usai kegiatan.

Dikatakan Teddy, sejak beberapa bulan dirinya menjabat sebagai Pj Bupati OKU banyak fenomena dinamika yang terjadi, diantaranya angka kasus bunuh diri semakin tinggi. “Kami tidak tahu apakah kejadian ini merupakan dampak dari ekonomi sehingga angka kasus bunuh diri ini cukup tinggi,” kata Teddy.

Selain itu peningkatan kasus kejahatan seksual/asusila terutama anak di bawah umur. Serta gangguan kamtibmas yang marak terjadi sejak beberapa terakhir. “Nah, ini semua kita bahas bersama Forkopimda, kita berupaya mencari solusi, bahkan tadi kami mendapat masukan-masukan dari beberapa tokoh masyarakat untuk memecahkan masalah dan mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan itu,” ujarnya.

Sedangkan menyikapi maraknya aksi tindak kriminalitas seperti begal dan lainnya yang cukup meresahkan masyarakat OKU, Teddy mengatakan Polres OKU telah mengaktifkan kembali Tim 40 yang berpatroli secara intens untuk mencegah kasus tersebut. “Nanti kami juga akan melibatkan pihak Dishub, Pol PP, Kodim dan Subdenpom sehingga nantinya patroli dan daya gedor tim ini akan semakin luas,” tukasnya.

Teddy mengatakan, kedepan Siskamling/Poskamling di setiap tempat juga akan kembali diaktifkan. “Serta kami juga akan memanfaatkan teknologi masa kini seperti group whatsapp untuk memberikan masukan dan laporan secara cepat dari masyarakat kepada aparat penegak hukum.

Sementara itu Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo SIK menanggapi maraknya terjadi kasus criminal di OKU mengatakan pihak Polres OKU saat ini tengah melakukan Operasi Sikat Musi untuk memberantas kasus 3C (Curat,curas dan curanmor). “Tentunya selain tindakan secara preemtif dan preventif, secara represif juga kami lakukan. Tadi sudah kami arahkan kepada anggota untuk melakukan tindakan tegas terukur terhadap pelaku kejahatan yang meresahkan di OKU,” tandasnya. (fei)

Komentar