Sipeti, Inovasi Baru BKPSDM Lahat Integrasikan Kompetensi ASN | Detik Sumsel
Pemprov
Kepala BKPSDM Lahat, Drs M Aries Farhan Msi

Sipeti, Inovasi Baru BKPSDM Lahat Integrasikan Kompetensi ASN

Lahat, Detik Sumsel – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lahat, kembali luncurkan inovasi baru untuk pengembangan kompetensi ASN di lingkup Pemkab Lahat. Inovasi itu berupa penggunaan aplikasi Sipeti (sistem informasi pengembangan kompetensi). Dengan tujuan, agar dalam pengembangan kompetensi ASN di Kabupaten Lahat bisa lebih terarah, efektif dan efesien

Kepala BKPSDM Lahat, Drs M Aries Farhan Msi mengatakan, inovasi ini berupa tambahan fitur database pengembangan dan perencanaan ASN. Jika sebelumnya ASN saat mau pengembangan kompetensi melakukan sendiri melalui SKPD masing-masing, saat ini pengembangan kompetensi ASN menjadi satu pintu melalui aplikasi Sipeti, dengan begitu diklat-diklat yang dilakukan oleh ASN jadi lebih terorganisir.

“Jadi nanti terinci, Diklat yang dilakukan ASN jadi lebih jelas dan sesuai kebutuhan pemerintah daerah saat ini,” kata Aries Farhan, Kamis (14/10). Kedepan seluruh SKPD, kecamatan maupun lainnya, pengembangan kompetensi akan melalui aplikasi Sipeti.

Aries Farhan menambahkan, dengan kebijakan yang diperkuat melalui Perbub No ini, diharapkan akan tersedianya sistem perencanaan yang terencana dengan baik. Selain itu juga bisa memberikan kesempatan bagi seluruh ASN di Lahat, mengikuti pengembangan kompetisi ASN sesuai rencana kebutuhan.

“Sudah berjalan, sudah ditindak lanjuti dan sudah pelaksanaan. Sebelumnya pengembangan kompetisi ASN dilakukan manual, dengan aplikasi Sipeti pengembangan kompetensi ASN dapat terintegrasi dan terkontrol,” ujarnya.

Untuk tahun ini, Aries Farhan menjelaskan, ada empat SKPD dan dua kecamatan yang jadi pilot projek aplikasi Sipeti. Aplikasi Sipeti ini juga sebagai dukungan terhadap industri 4.0, berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dalam mendukung pengembangan ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Lahat.

“Sipeti ini akan merelevansi antara jabatan yang ada, dengan pendidikan atau diklat yang diusulkan. Hasil akhirnya pengembangan kompetensi ASN bisa berjalan maksimal, kualitas pelayanan ke masyarakat jadi maksimal, kebutuhan anggaran akan jadi lebih efektif dan efesien,” jelas Aries Farhan. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

PPP Lahat Incar Kursi Pimpinan pada Pileg 2024 Mendatang

Lahat, Detik Sumsel – Nizaruddin SH, kembali nahkodai Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Partai Persatuan Pembangunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *