Situs Sejarah Megalit Besemah Juara Pertama API Award 2021 | Detik Sumsel
Detik
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pagaralam Kholmin saat menerima Penganugerahan API Award tahun 2021 di Kabupaten Muba.

Situs Sejarah Megalit Besemah Juara Pertama API Award 2021

Pagaralam, Detik Sumsel – Kota Pagaralam kembali mengukir prestasi dikanca Nasional, hal ini setelah situs sejarah megalitik Besemah Kota Pagaralam ditetapkan sebagai juara ke I (Satu) dalam ajang Anugera Pesona Indonesia (API) Award 2021 dengan raihan 46.42 persen.

Mengungguli Museum Buya Hamka Kabupaten Agam dengan raihan 18,44 persen sebagai juara dua dan juara ketiga situs Gajah mada Kabupaten Raijuah dengan raihan 16,30 persen. Penganugerahan API tahun 2021 kali ini diselenggarakan Kabupaten Musi Banyuasin, Selasa Malam (30/11)

Informasi yang berhasil dihimoun, dalam ajang ini Megalitik Besemah Kota Pagaralam bersaing dengan sejumlah Situs sejarah dari berbagai daerah yakni Benteng Kraton Wollio (Baubau), Candi Ijo (Kabupaten Sleman),Istana Mini Banda Nairah (Kabupaten Maluku Utara), Megalitik Batu Brak (Kabupaten Lampung Barat), Museum Buya Hamka (Kabupaten Agam), Situs Gajah Mada (Kabupaten Raijua),Taman Arkeolog Onrust (Kabupaten Kepulauan Riau),Taman Nurmada (Kota Mataram) dan Tundrunbaho (Kabupaten Nias Selatan).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pagaralam melalui Kabid Kebudayaan Jemiyo Siswanto mengatakan bahwa ini adalah hal yang luar biasa, dan mengharumkan nama kota Pagaralam sebagai destinasi wisata  yang memang dikenal dengan situs megalit nya dengan jenis seperti Dolmen, Arca, Rumah Batu, Meja Batu, Bati Berelif, Lupang Batu, Lesung Batu, batu berformasi atau batu gelang dan lain-lain.

“Dan tercatat ada sebanyak 46 situs megalit yang terdata saat ini di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam,” ungkapnya.

Ia mengatakan, kesuksesan megalith besemah pada ajang ini, tidak lepas dari partisipasi masyarakat Kota Pagaralam, baik itu dari lingkungan pemerintah, mahasiswa, pelajar serta masyarakat umum lainnya yang telah memberikan dukungan.

“Dan dengan kesuksesan ini juga, kita berharap nama Pagaralam akan semakin dikenal secara nasional tidak hanya dari sektor pariwistanya namun juga dari sektor-sektor lainya,” pungkasnya.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Bandara Atung Bungsu Sudah Berubah Lebih Baik

Pagaralam, Detik Sumsel – Dibandingkan dari saat masih dibawah Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam lalu. Bandara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *