Soal Isu Hoax, KPU Banyuasin Bakal Lakukan Tindakan Tegas | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Komisioner KPU Kabupaten Banyuasin

Soal Isu Hoax, KPU Banyuasin Bakal Lakukan Tindakan Tegas

Banyuasin, Detik Sumsel – Terkait banyaknya Isu-isu yang beredar pada Pemilu 2019 di Kabupaten Banyuasin, seperti hilangannya surat suara hingga tidak adanya kotak suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuasin siap melakukan langkah tegas guna mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

“Kami siap untuk melaporkan ke pihak berwajib jika isu-isu yang tidak benar semakin berkembang. Karena apabila isu hoax ini berkembang, maka di khawatirkan akan merusak marwah dan kepercayaan masarakat terhadap lembaga KPU,” ungkap Komisioner KPU Kabupaten Banyuasin Divisi Hukum dan Pengawasan, Ricky Oktadinata, SH, Sabtu (20/04).

Dirinya juga mengatakan, bahwa SOP dalam pendestribusian logistik telah dilakukan pihaknya dengan semaksimal mungkin, baik dari pengawasan, hingga pengawalan pihak TNI dan Polri.

“Semua sudah dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan dan berkoordinasi serta melibatkan pihak pihak terkait. Termasuk pengawas pemilu bahkan TNI dan Polri juga sudah menempel,” ujarnya.

Dirinya juga berharap kepada seluruh masyarakat Banyuasin untuk tidak mudah terpancing terkait isu-isu yang telah beredar. “Karena memang Pemilu serentak di Banyuasin ini sudah berjalan lancar dan aman,” ucapnya.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan mudah menerima berita berita yang belum jelas sumbernya. Kita berharap masyarakat bisa tenang agar kami bisa segera menyelesaikan tugas kami dan kami berharap masyarakat terus mengawasi dan mengawal setiap tahapan pemilu sampai selesai,” lanjutnya.

Sementara itu, terkait isu beredar tersebut, Ketua KPU Banyuasin, Agus Suprianto menjelaskan, bahwa surat suara Pilres di kawasan Kenten Laut, Kecamatan Talang Kepala, Banyuasin tersebut bukan hilang seperti apa yang telah beredar.

“Itu bukanlah hilang namun ketinggalan, sehingga kotak surat suara khusus presiden telat dibandingkan kertas surat suara lainnya di KPPS Desa Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumsel,” tuturnya.

“Kami harap kita jangan salah paham, surat suara itu bukan hilang, akan tetapi terlambat datang. Jadi tolong jangan sebar berita hoaks tersebut, karena ini hanya salah paham dan bisa diatasi KPU Banyuasin,” katanya.

Agus juga menyayangkan terkait beredarnya isu kertas suara hilang, seperti apa yang telah tersebar luas diberapa media sosial serta diterima oleh masyarakat Banyuasin. “Kami tekankan di sini jangan memprokasi masyarakat dengan berita hoax, kami bisa saja menuntut pihak-pihak yang menyebarkan berita hoax itu, karena sesungguhnya surat suara tidak ada yang hilang di bumi Sedulang Setudung ini,” tegasnya. (Wira) 

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Tekan Angka Penyebaran Covid-19, DPD Gerindra Sumsel Siapkan 2000 Dosis Vaksin

Palembang, Detik Sumsel – Meskipun sudah banyak lembaga dan institusi yang sudah melaksanakan vaksin Covid-19, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *