Stok Beras di Sumsel Babel Aman Hingga Lima Bulan Kedepan | Detik Sumsel
Pemprov
Suasana gudang beras di bulog

Stok Beras di Sumsel Babel Aman Hingga Lima Bulan Kedepan

Palembang, Detik Sumsel- Di awal tahun, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Divisi Regional Sumatra Selatan dan Bangka Belitung mencatat saat ini stok beras di gudangnya mencapai 23.000 ton. Stok ini diklaim bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Sumsel dan Babel hingga lima bulan ke depan.

Pimpinan Bulog Divre Sumsel Babel, Eko Hari Kuncahyo mengatakan, pihaknya meminta masyarakat tidak kuatir karena stok beras di gudang Bulog aman untuk penuhi kebutuhan selama lima bulan kedepan.

“Stok di gudang kita saat ini ada 23.000 ton. Jadi selama lima bulan kedepan dipastikan aman,”katanya, Kamis (20/01)

Ditambahkanya Bahkan stok ini akan terus bertambah mengingat tahun ini pihaknya baru akan melakukan penyerapan beras dari petani. Pihaknya saat ini sudah melakukan kontrak pembelian beras dengan petani.

Namun penyerapan beras dari petani untuk dikirim ke gudang Bulog berkemungkinan akan dilakukan per Maret. “Memang untuk musim panen akan dilakukan di Maret, namun sekarang kita sudah lakukan kontrak pembelian dengan petani. Untuk pembeliannya sesuai dengan HPP yang ada yakni berkisar Rp8.300 per kilogram,” ucapnya.

Di tahun ini pihaknya menargetkan penyerapan beras sebanyak 80.000 ton untuk wilayah Sumsel dan Babel. “Kami optimis target akan tercapai,” tegasnya

Untuk penyerapan beras, berasal dari Sumsel diantaranya Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Banyuasin, OKU Timur, OKU Selatan dan sebagainya.

“Stok beras di gudang kita saat ini memang diperuntukkan bagi program bansos, program pemerintah hingga operasi pasar. Kita ingin memastikan kepada masyarakat bahwa stok beras aman, dan masyarakat jangan kuatir. Untuk memastikan itu, kita terus melakukan operasi pasar di wilayah kita secara rutin,”katanya

Eko menjelaskan, ketersediaan stok beras dalam jumlah yang banyak perlu diupayakan secara maksimal untuk menjamin kelancaran pasokan ke pasar dan menjaga stabilitas harga sehingga tetap terjangkau masyarakat. Selain beras, Bulog juga berupaya menyiapkan stok bahan pangan lainnya seperti daging sapi/kerbau beku, tepung terigu, minyak goreng dan gula pasir.

“Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan sejumlah bahan pokok masyarakat sepanjang 2022 ini dapat terpenuhi dengan baik dan dapat dicegah terjadinya kenaikan harga tidak wajar,” pungkasnya. (May)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

DPRD Palembang Berduka, Azhari Haris Tutup Usia

Palembang, Detik Sumsel – Innalilahi wainailaihi rojiun, kabar duka menyelimuti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.