Stok Jerami Kering Digunakan Warga Tamansari Untuk Pakan Sapi | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Stok Jerami Kering Digunakan Warga Tamansari Untuk Pakan Sapi 

Pati, Detik Sumsel- Berbagai kegiatan komsos yang dilakukan anggota satgas TMMD reguler 111 Kodim Pati baik disela waktu istirahat maupun selepas bekerja. Salah satunya ketika memanfaatkan istirahat bekerja dengan membantu warga menumpuk jerami kering sebagai stok untuk digunakan sebagai pakan sapi. Jerami kering tersebut akan difermentasi sehingga nantinya sapi akan mendapat nutrisi yang cukup dan menjadi gemuk.

Serda Warso yang memanfaatkan waktu istirahat bekerja dengan membantu warga sedang merapikan jerami kering, awalnya kurang memahami tentang jerami yang difermentasi. Kemudian dijelaskan oleh Yanto (50) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, yang pekerjaannya selain bertanam padi ia juga mempunyai hewan peliharaan sapi. Setiap selesai panen padi jerami selalu dia bawa pulang ditumpuk dirumahnya sebagai stok pakan sapi.

Baca Juga :   Pagi Pagi Sudah bergoyang Cangkul satgas Pra TMMD Sebagai Alat Serba Guna

“Saya menumpuk jerami ini untuk stok pakan sapi, karena saat ini mencari rumput atau menanam rumput kalanjono juga tidak ada tempat, ya solusinya jerami difermentasi,” Ucap Yanto.

Sementara itu Serda Warso yang membantu merapikan jerami mengatakan jika dirinya bersilaturahmi sambil menambah pengetahuan, “saya awalnya hanya tahu jika sapi senangnya makan yang hijau hijauan, namun dengan berkunjung kerumah pak Yanto jadi tahu bagaimana caranya pakan alternatif untu sapi,” tuturnya.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Serukan Pentingnya Perlindungan Kesehatan Buruh dari COVID-19

Jakarta, Detik Sumsel- Menindaklanjuti kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang diperpanjang hingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *