Sukses Gelar CARNAVAL UVCE 2021, Ribuan Pelamar ke Perusahaan BUMN dan BUMS | Detik Sumsel
Pemprov
Carnaval UVCE 2021

Sukses Gelar CARNAVAL UVCE 2021, Ribuan Pelamar ke Perusahaan BUMN dan BUMS

Palembang, Detik Sumsel – Gebyar acara CARNAVAL UVCE (universities Virtual Career Expo) 2021 berakhir sudah, acara yang dibesut oleh Universitas Sriwijaya (UNSRI) beberapa Perguruan Tinggi seperti universitas Muhamadiyah Palembang (UMP), Universitas Bina Darma (UBD) dan Univerversitas Multi Data Palembang (UMDP) bersama ICCN (Indonesia Career Center Network) yang telah berlangsung selama 5 hari dari tanggal 25-29 Oktober 2021. (30/10).

Kegiatan ini berhasil menyelenggarakan 24 sesi webinar dan diikuti secara antusias oleh 3.414 peserta alumni mahasiswa dengan materi seputar dunia kerja seperti cara membuat cv, mempersiapkan wawancara kerja, pengembangan diri, suka duka dunia UMKM bahkan berbagi pengalaman serta trik dan tips mendapatkan LoA dari universitas-universitas terkemuka di dunia dalam session scholarship days. Acara ini juga di isi oleh beberapa Psikolog, manager HRD perusahaan yang berpengalaman dari berbagai BUMN dan BUMS terkemuka dalam sesi HRD Days.

CARNAVAL UVCE ini juga terkonfirmasi sebanyak 2.845 jumlah pelamar yang merupakan alumni fresh graduated dari 4 universitas penyelenggara dan perguruan tinggi lainnya yang tersebar di SUMSEL, BABEL, Lampung dan Bengkulu yang mendaftar pada ratusan posisi yang yang ditawarkan oleh 19 perusahaan-perusahaan berkelas nasional maupun lokal seperti Dexa medica, Thamrin Group, Wom Finance, Biznet, Kalbe Nutritionals, Penggadaian, CBN, Co learn, Yayasan harapan Mulia, Yayasan Kusuma Bangsa dan sebagainya. Dikonfirmasi juga oleh pihak m2-imeet terdapat sebanyak 37.362 kali kunjungan ke virtual expo ini.

Kegiatan yang meskipun berlangsung secara online mendapat sambutan yang luar biasa dari peserta apalagi ditengah pandemic covid-19 yang menghalangi semua orang berinteraksi dari jumlah besar.

Melalui Platform M2.Imeet.id peserta yang merupakan alumni mahasiswa fresh graduated dapat melamar kerja dan mengetahui profil pekerjaan dan perusahaan yang mereka lamar hanya dari layar HP maupun laptop. Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya peningkatan daya serap lulusan perguruan tinggi dengan cara mempertemukan antara job seeker dan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan karena kendala utama yang menjadi penyebab rendahnya daya serap tenaga kerja dari perguruan tinggi adalah kurangnya intensitas kegiatan yang mempertemukan kedua pihak tersebut (job seeker dan Job agency), Untuk mempersiapkan alumni fresgraduated ini dalam menapaki dunia kerja, UVCE bukan hanya memberikan bekal ilmu dan membuka lowongan lapangan pekerjaan tetapi juga menyelenggarakan konsultasi bimbingan karir secara online melalui aplikasi ICARE.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan UVCE, Counseling days yang berlangsung dari tanggal 28 dan 29 Oktober 2021 tersebut didukung oleh puluhan tenaga psikolog dan konselor professional dari berbagai wilayah di Indonesia yang tergabung dalam HIMPSI (Himpunan Psikologi) Wilayah SUMSEl, ICCN (Indonesia Career Center Network), Prodi Psikologi dan Prodi BK Universitas Sriwijaya bersatu padu memberikan pelayanan konsultasi karir gratis kepada alumni.
Melalui aplikasi yang terkoneksi secara langsung dan individual antara psikolog atau konselor dengan konseli, selama + 30 menit para alumni dapat mengkonsultasikan rencana karir yang mereka hadapi di dunia kerja karena sesi konseling tersebut bukan hanya melayani alumni yang baru selesai kuliah dan kebingungan dengan rencana masa depan karirnya tetapi juga alumni yang berkali-kali gagal memasuki dunia kerja maupun yang sedang merintis tangga awal kehidupan karirnya.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari para psikolog dan konselor karena sebagian besar ini merupakan pengalaman pertama mereka melakukan konseling jarak jauh.

Menurut sigit salah seorang konselor karir yang terlibat dalam kegiatan ini menyatakan bahwa meski tidak bertatap muka secara langsung, tidak mengurangi esensi aktivitas konseling yang dilakukan karena ekspresi dan perilaku konseli yang menjadi instrument penting bagi psikolog dan konselor dalam memberikan rekomendasi tindak lanjut dapat tetap tertangkap dengan baik melalui aplikasi yang digunakan.

“Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan capaian IKU (Indikator Kinerja Utama) Universitas terutama pada indikator 1 yaitu peningkatan persentase alumni yang telah bekerja, merintis usaha maupun melanjutkan studi,” jelasnya

CARNAVAL UVCE merupakan tindak lanjut dari hasil tracer study yaitu survey pada para alumni yang telah lulus tahun 2019 dan tahun 2020 yang telah dilakukan dari awal tahun 2021 ini. Inisiasi kegiatan CARNAVAL UVCE telah dimulai sejak April 2021 lalu, dimana para Inisiator sudah beberapa kali mengadakan pertemuan baik secara daring dan during Bersama para pengelola pusat karir atau pengelola kemahasiswaan / alumni di beberapa perguruan tinggi, dari pertemuan tersebut dihasilkan kesepakatan bersama untuk saling bersinergi dalam mencapai Indonesia Emas 2045, begitu yang disampaikan oleh Deris Stiawan. Ph.D., IPU (UNSRI) yang didampingi oleh Fahmi Sulaiman, MSi (Ketua CDC UMP), Dr. Edi Surya Negara, M.Kom (Wakil Rektor UBD) dan Dedy Hermanto, M.T.I (Wakil Rektor UMDP).

Terima kasih kepada seluruh ribuan peserta dalam mengikuti sesi webinar, terima kasih kepada para partner industry yang telah berpartisipasi memeriahkan acara, terima kasih kepada para stakeholder yang telah memberikan kesempatan kepada para alumni dengan membuka lowongan pekerjaan, terima kasih kepada para konselor psikolog dan bimbingan karir yang telah memberikan layanan kosultasi, terima kasih kepada seluruh panitia CARNAVAL UVCE 2021 yang terlibat secara langsung atau tidak langsung dalam gelaran acara ini, dan kepada partner penyedia layanan expo / konsultasinya dari m2.imeet.id. Semoga CARNAVAL UVCE 2022 akan lebih meriah dari saat ini. (Bet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Cak Amir : PW, PC, dan Banom NU se-Sumsel Siap Membela Rais Aam KH Miftachul Akhyar

Palembang, Detik Sumsel – PWNU Sumatera Selatan KH Amiruddin Nahrawi menegaskan bila seluruh PC, Banom …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *