Sungai di Pagaralam Jadi Tempat Membuang Sampah | Detik Sumsel
Detik
Tampak Tumpukan Sampah di Aliran Sungai di kawasan Desa Petani Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam

Sungai di Pagaralam Jadi Tempat Membuang Sampah

Pagaralam, Detik Sumsel- Kesadaran sejumlah oknum masyarakat di Kota Pagaralam Sumatera Selatan untuk menjaga lingkungan masih sangat rendah. Hal ini terbukti masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah di Sungai.

Kondisi ini terlihat di salah satu sungai di kawasan Desa Petani Kecamatan Pagaralam Utara Kota Pagaralam yaitu Sungai Ayek Kundugh tepatnya di jalan lingkar timur. Sungai ini menjadi tercemar sampah karena masih ada oknum yang sengaja membuang sampah di sungai tersebut.

Memang lokasi sungai yang cukup jauh dari permukiman warga diduga membuat para oknum tersebut leluasa membuang sampah di sungai tersebut. Namun akibatnya sungai ayek kundugh menjadi tercamar dan dipenuhi sampah.

Wawan (36) warga sekitar mengatakan, sering sekali melihat oknum warga yang membuang sampah di sungai ayek kundugh tersebut.

“Karena jalan ini sering saya lewati jika hendak kekebun jadi saya sering melihat oknum warga yang sengaja membuang sampah disini pak,” ujarnya.

Bahkan menurut Wawan, kadang ada oknum warga yang membuang sampah dengan jumlah banyak dengan menggunakan mobil.

“Sungai ini sudah hampir mirip TPA pak, karena sampah yang dibuang kadang menggunakan mobil pick up. Kami harap pemerintah bisa membuat peraturan tegas agar warga yang sering membuang sampah bisa dihukum,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pagaralam Erwin mengatakan, sangat menyangkan masih ada warga yang membuang sampah di Sungai padahal Pemkot melalui DLH sudah memaksimalkan pengambilan sampah di lingkungan masyarakat.

“Ini menunjukan jika kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan masih sangat rendah. Padahal jelas dampak buruk jika buang sampah di Sungai bisa membuat sungai menjadi dangkal dan menjadi penyebab banjir serta mencemari sungai itu sendiri,”pungkasnya.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Minggu Kedua Januari, Polda Sumsel Tangkap 56 Tersangka Pemain Narkoba

Palembang, Detik Sumsel — Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel bersama Polrestabes dan Polres jajaran dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *