Sungai Ogan Meluap, Warga Dihimbau Waspada

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Baturaja, Detik Sumsel – Sungai ogan di Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) meluap dan nyaris masuk kepemukiman warga setempat. Meluapnya debit sungai ogan ini akibat hujan lebat yang mengguyur kawasan itu

Yarmidah (58) warga setempat Mengungkapkan jika hujan mulai mengguyur kawasan tersebut sekitar pukul 15.00 wib dengan intensitas tinggi. Diduga sebelumnya hujan di hulu sungai lebih dulu terjadi sehingga sungai ogan meluap dengan cepat.

” Kalau hujan mulai turun sekitar jam 3 petang. Sejam kemudian sungai mulai meluap. Kemungkinan di hulu sungai sudah hujan duluan,” Ujar Yarmidah.

Derasnya hujan juga mengakibatkan sejumlah anak sungai yang ada dikecamatan ulu Ogan meluap dan mengakibatkan sejumlah rumah warga terendam banjir setinggi mata kaki orang dewasa. Salah satunya rumah warga di desa gunung tiga kecamatan ulu Ogan. Namun genangan tersebut tidak berlangsung lama dan kembali surut selang beberapa jam kemudian.

Hingga Senin malam, hujan di kawasan tersebut masih terus terjadi meskipun dengan intensitas rendah. Sejumlah fasilitas umum dan sekolah juga dikabarkan nyaris diterjang banjir.

Warga yang berada di hilir sungai pun diminta untuk waspada terhadap banjir kiriman. Apalagi saat ini hujan masih terus terjadi di kawasan ulu Ogan. (fei)

Komentar