Susu Kerbau Rawa Bisa Raup Omzet Puluhan Juta

Iklan detik Sumsel

Lipsus, Detik Sumsel – Hasil olahan susu kerbau rawa rupanya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang mengejutkan. Hasil olahan susu kerbau rawa bisa diolah menjadi permen karamel, gulo puan, dan minyak samin.

Seperti yang diakui Dawiyah (57), warga Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin ini mengaku sejak puluhan tahun lalu dirinya menjadi pelaku usaha pengolahan susu kerbau rawa.

“Alhamdulillah omzet yang diperoleh dari pengolahan susu kerbau rawa ini bisa mencapai puluhan juta setiap bulannya,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk satu ekor kerbau rawa mampu menghasilkan satu liter susu. “Susu kerbau rawa ini bisa dikonsumsi langsung, perliternya Rp15 ribu,” ulasnya.

Untuk pengolahan susu kerbau menjadi gulo puan, kata Dawiyah perkilogram dijual dengan harga Rp100 ribu. “Kemudian, untuk pengolahan menjadi minyak samin dijual perliter menjadi Rp150 ribu,” ujarnya.

Ia menambahkan, hasil olahan susu kerbau rawa ini sudah dijual di seluruh wilayah Sumsel. “Ada juga yang pesan dari luar Sumsel, tapi yang paling banyak pemesan berasal dari Palembang,” ungkap Dawiyah.

Dawiyah menyebutkan, dirinya sangat senang dengan keberadaan swamp buffalo center tersebut, pasalnya dirinya bisa mendapatkan edukasi dalam pengolahan susu kerbau rawa yang benar. “Kami berharap swamp buffalo center ini nantinya terus dikembangkan oleh Pemerintah,” pungkasnya. (tet)

Komentar