Tahun 2022, Pemkab Lahat Siapkan Rp 52 Miliar Untuk Penanganan Covid-19 | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Bupati-Wakil Bupati Lahat, Cik Ujang SH-Haryanto SE MM MBA rapat paripurna virtual di Oproom Pemkab Lahat, foto Heru/DS.

Tahun 2022, Pemkab Lahat Siapkan Rp 52 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

Lahat, Detik Sumsel – Pendemi Covid-19 yang melanda, masih memberikan pengaruh besar terhadap resionalisasi dan recofusing anggaran. Dengan memperhatikan berbagai langkah kebijakan berdasarkan asumsi dasar pertumbuhan ekonomi daerah, Bupati Lahat, Cik Ujang SH membeberkan, dari struktur APBD Kabupaten Lahat Tahun 2022, pendapatan daerah diperkirakan Rp 1.757.607.522.585.

Sedangkan untuk penerimaan pembiayaan daerah APBD tahun 2022, yang berasal dari perkiraan sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2021, direncanakan sebesar Rp 37.963.028.100. Untuk pengeluaran pembiayaan dalam rangka menambah penyertaan modal pada Bank Sumsel Babel, direncanakan sebesar Rp 5.000.000.000.

“Momentum perbaikan ekonomi global saat ini belum sepenuhnya terlihat. Kebijakan fiskal dengan mendukung penciptaan pertumbuhan yang inklusif dan berdaya tahan, diharapkan mampu jadi insturmen memperkuat ekonomi daerah,” jelas Bupati Lahat, saat sidang Paripurna X yang digelar secara virtual di Oproom Pemkab Lahat, Senin (12/7).

Baca Juga :   Komunitas ASN Gowes bersama Ratu Dewa Salurkan Bantuan Sembako

Sidang paripurna kali ini masuki masa persidangan ke tiga tahun sidang 2021, dalam rangka membahas rancangan kebijakan umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Lahat Tahun 2022.

Bupati Lahat juga menerangkan, pada tahun 2022 Pemkab Lahat juga menganggarkan sebesar Rp 52.385.075.840 sebagai asumsi anggaran minimal untuk penanganan, pencegahan serta vaksinasi Covid-19.

“Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat pada tahun 2021, yakitu menganggarkan minimal 8 persen dari dana alokasi umum (DAU),” terang Bupati Lahat.

Baca Juga :   Libatkan Masyarakat dalam Penyediaan Sarana Fasilitas Kesehatan, HD Mendapat Rekor MURI

Wakil Ketua II DPRD Lahat, Sri Marhaeni Wulansih SH selaku Pimpinan Sidang mengatakan, agar mengelola keuangan darah yang efektif dan transfaransif, DPRD Lahat percaya Pemkab Lahat telah bekerja maksimal untuk menyusun rancangan KUA dan rancangan PPAS tahun anggaran 2022.

“Selanjutnya rancangan ini akan dibahas bersama antara tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dan Badan Anggaran DPRD Lahat, kemudian dipaparkan dalam sidang pleno selanjutnya,” sampai Sri Marhaeni. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Alpian Ajak Nakes Bentengi Diri Jaga Kesehatan

Pagaralam, Detik Sumsel- Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni, meninjau ruang isolasi pasien Covid-19, yang dipusatkan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *