Tak Rekrut PNS, DPRD Lahat Akan Panggil Badan Kepegawaian | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Tak Rekrut PNS, DPRD Lahat Akan Panggil Badan Kepegawaian

Lahat, Detik Sumsel — Lulusan sarjana di Kabupaten Lahat kian bertumpuk, minimnya lowongan kerja hingga kembali tidak dibukanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), jadi penyebab kian banyaknya pengangguran. Padahal pemerintah pusat telah menyiapkan 400 kuota CPNS untuk Kabupaten Lahat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi 1 DPRD Lahat, Marwan Ardiansyah SE Msi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil dan mengagendakan rapat dengar pendapat (RDP), bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Mengingat hal ini sama saja menutup kesempatan bagi putra daerah, guna mengabdi di instansi pemerintahan.

“BKPSDM akan kita panggil, akan kita tanya sehubungan tidak ada penerimaan CPNS di lahat. Sudah 10 tahun terakhir ini, Kabupaten Lahat tidak menerima CPNS. Lulusan sarjana saja, sudah semakin menumpuk,” tegas Marwan, Jumat (14/9).

Baca Juga :   Perusahaan Batubara di Lahat Jangan Asal Tebas Lahan Milik Masyarakat

Sebelumnya, saat dibincangi, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lahat, Drs H Rachmat Surya Effendi MM melalui Sekretaris Widi Widianto mengatakan, ASN di Kabupaten Lahat tergolong cukup. Selain itu, tinggi belanja pegawai lebih dari 50 persen, secara otomatis tidak dibuka penerimaan pegawai negeri baru.

“Baik itu, formasi umum, khusus, dan honorer K ll. Sampai saat ini belum ada instruksi untuk penerimaan CPNS. Kemenpan dan RB tidak mensetujui, melihat perbandingan belanja untuk pembangunan,” kata Widi Widianto.

Baca Juga :   Stasiun Kereta Api Lahat Terbakar

Widi menuturkan, jumlah ASN di Lahat saat ini sebanyak 6.863 orang. Terdiri dari, golongan l tercatat ada 56 pegawai, golongan ll mencapai 1.302 pegawai, golongan lll sebanyak 4.088, dan golongan lV hanya 1.417 ASN. Angka ini memang sudah menurun dibandingkan tahun lalu, yang mencapai kurang lebih 9000 an orang.

“ASN kita jumlahnya memang mengalami penurunan, dibandingkan tahun sebelumnya. Karena ada yang pensiun, meninggal, atau pindah ke daerah lain. Tapi untuk penerimaan CPNS tahun ini, kita belum disetujui pusat,” ucapnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Dua Hari Bawa Kabur Kekasih, IL Terancam Dibui

Lahat, Detik Sumsel – Sepasang sejoli beranjak gede dilanda asmara berinisial IL, warga Desa Pajar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *