Tanam Rumput Odot Sebagai Penyedia Pakan Ternak Dimusim Kemarau | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Tanam Rumput Odot Sebagai Penyedia Pakan Ternak Dimusim Kemarau

Pati, Detik Sumsel – Rumput Odot menjadi salah satu alternatif selain rumput Gajah, rumput Lampung, hingga jenis rumput Indigofera sebagai pakan ternak sapi atau kambing. Tetapi khusus rumput Odot memang berbeda, karena jenis rumput berdaun panjang dan tumbuh tinggi pada batang-batang mirip pandan itu, sangat resistan atau kuat di musim kemarau. Oleh sebab itu banyak diantaranya peternak memilih menanam rumput tersebut, salah satunya seperti yang dilakukan Suminah (47) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati yang menanami lahan miliknya dengan rumput Odot, Senin (12/07/2021).

Tampak terlihat disela istirahat pekerjaannya Serda Joko anggota yang tergabung satgas TMMD 111 Kodim Pati sedang membantu Suminah untuk menanami lahan sebelah rumahnya dengan rumput odot. Mereka menancapkan batang rumput Odot yang telah disiapkan, cara menanam rumput odot sangat mudah yaitu secara stek.

Baca Juga :   Rani dan Ita Berswafoto di Jembatan Trugo Karya TMMD Karanganyar

Dijelaskan oleh Suminah jika rumput Odot sebagai pakan ternak yang efisien, yang memiliki kandungan protein yang banyak sehingga dapat membuat hewan ternak seperti sapi, kambing menjadi gemuk. Rumput odot ini bisa tumbuh dengan lebih cepat dibandingkan rumput lain yang sejenisnya.

“Ketika musim kemarau tiba, rumput Odot ini bisa diandalkan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan tidak sepenuhnya memberi makan hewan ternaknya dengan rumput odot, selain itu juga diberikannya jerami yang telah dibawanya dari sawah. Dan ia sangat senang dengan adanya TMMD Reguler ke 111 Kodim 0718/Pati, dimana pembangunan jalan betonisasi telah selesai penggarapan nya dan saat ini sudah halus dan bagus.

Baca Juga :   Petugas DPI Himbau Warga Untuk Merawat Hasil TMMD

Sementara itu Serda Joko menuturkan, jika diDesa Tamansari tempat diselenggarakannya kegiatan TMMD banyak warga yang selain bertani juga beternak, mereka selalu menyediakan lahan untuk ditanami rumput.

“Saya melihat banyak warga menanami lahan sebagai penyedia makanan hewan ternaknya, karena masa tanam rumput Odot untuk keperluan pakan, hanya membutuhkan waktu dua bulan, ungkapnya.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Protokol Kesehatan dan Kegiatan Ekonomi Bisa Berjalan Seiring

Jakarta, Detik Sumsel- Dokter relawan COVID-19 Fajri Adda’I meminta, jika nanti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *