Tangkap Penyetrum Ikan Dapat Hadiah Rp 3 Juta | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang SH ketika menjaring ikan di sungai. Foto Istimewa.

Tangkap Penyetrum Ikan Dapat Hadiah Rp 3 Juta

Lahat, Detik Sumsel – Prilaku masyarakat yang suka nube (meracun) dan menyentrum ikan di sungai, jadi penyebab populasi ikan sungai di Kabupaten Lahat kian sedikit. Untuk itu Bupati Lahat, Cik Ujang SH menegaskan, masyarakat dilarang nube dan nyentrum ikan. Bagi yang kedapatan akan diproses oleh pihak kepolisian.

“Kalau mancing, menjala, tidak apa. Bagi warga melihat ada yang nube/nyentrum, laporkan, bawa ke pihak berwajib,” tegas Bupati Lahat, Kamis (4/2).

Langkah ini diambil Bupati Lahat guna melestarikan populasi ikan sungai. Seperti jenis ikan semah, kerali, cawang idung, kepiat, selimang, langli, piluk, nilan, baung, behingit dan ikan dekat. Karena jika nube/nyentrum populasi ikan akan langsung habis, mulai dari indukan hingga anak ikan.

“Kalau nube ape nyentrum, dari indukan sampai anakan ikan habis semua. Jadi nanti anak cucung kita tidak merasakan lagi makan ikan sungai,”ujar Cik Ujang.

Cik Ujang berjanji, bagi masyarakat yang berhasil mengamankan dan menyerahkan pelaku nube/nyentrum ke pihak kepolisian, akan diberi hadiah berupa uang tunai. Hal ini bukti bahwa dirinya serius agar populasi ikan sungai agar tidak punah.

“Bawa orangnya ke pihak kepolisan, bawa bukti ikannya, saya kasih hadiah Rp 3 juta. Ini supaya warga kita di dusun, masih bisa masak ikan sungai,” pesannya. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Wakili Kepala Daerah se Sumsel, Bupati OKI Terima 100.000 Dosis Vaksin

Kayuagung, Detik Sumsel-Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H Iskandar, SE., menerima 100. 000 dosis vaksin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *