Tanpa Pemberitahuan PDAM Tirta Lematang Naikan Tagihan Air | Detik Sumsel
Detik
Warga Kelurahan Kota Baru, Lahat memerlihatkan kondisi air PDAM yang mengalir kecil. Foto Heru/DS

Tanpa Pemberitahuan PDAM Tirta Lematang Naikan Tagihan Air

Lahat, Detik Sumsel — Warga Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Kota Lahat, lagi-lagi kecewa dengan PDAM Tirta Lematang Lahat. Pasalnya warga menuding PDAM Lahat tanpa pemberitahuan, sudah menaikkan tarif pelayanan air. Hasil penelusuran, kenaikan harga ini beragam, mulai dari 20% hingga 200%.

Seperti yang diutarakan Okta Juliansyah (28). Dirinya terkejut mendengar jumlah pembayaran air, yang diberikan petugas PDAM Lahat. Jika selama ini dirinya hanya membayar RP 80 ribu. Untuk pembayaran tagihan di bulan Agustus lalu, diwajibkan membayar sebesar RP 140 ribu. Padahal jumlah kebutuhan air, dirasanya tidak meningkat.

“Kita tidak tahu apa alasan tagihan PDAM jadi naik. Saat ditanya, petugas PDAM tidak memberikan penjelasan,” ujar Okta, Minggu (8/9).

Okta juga mengatakan, jika pun ada kenaikan harga, seharusnya pihak PDAM Lahat memberikan sosialisasi ke masyarakat. Kalaupun kondisi PDAM Lahat merugi, karena banyak pelanggan yang tidak membayar. Jangan korbankan pelanggan lain untuk menutupi kerugian, seperti dengan cara menaikkan harga tanpa penjelasan.

“Sebelah rumah saya terbayar Rp 365 ribu. Kalau katanya merugi, tagih saja pelanggan yang enggan bayar,” cetus Okta.

Sementara, Kasi Teknik PDAM Tirta Lematang, Amrin Pala menjelaskan, tarif air ke masyarakat tidak mengalami kenaikan. Masih tetap Rp 80 ribu per 20 kubik air. Namun jika pemakaian lebih dari 20 kubik, baru ada tambahan pembayaran.

“Tarif tidak naik. Tapi jika pemakaian lebih dari 20 kubik, selanjutnya akan dihitung per kubiknya Rp 4500,” jelas Amrin Pala singkat. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

BINDA Alokasikan Empat Ribu Vaksin di OKU

Baturaja, Detik Sumsel – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Selatan Kembali mengalokasikan vaksin covid …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *