Target Minimal Raih Tiga Emas | Detik Sumsel
BNI"
Ketua PDBI Kabupaten Muara Enim Iko Gusman ST usai dilantik di SMKN 1 Muara Enim, Kamis (7/10/2021).

Target Minimal Raih Tiga Emas

Muaraenim, Detik Sumsel- Pengurus Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Muara Enim Masa Bakti 2021-2025, menargetkan meraih tiga emas dari lima emas yang diperebutkan dalam ajang Porprov Sumsel XIII tahun 2021 di OKU Raya.

“Kita menargetkan sebagai Juara Umum dengan menargetkan paling sedikit meraih 3 Emas dari 5 emas yang diperebutkan,” ujar Ketua PDBI Kabupaten Muara Enim Iko Gusman ST usai dilantik di SMKN 1 Muara Enim, Kamis (7/10/2021).

Menurut Iko, target ini bukanlah hal yang tidak berdasar, walaupun kita tahu bahwa kabupaten lain juga memiliki peralatan dan personil yang juga bagus, namun kontingen atlit Porprov dan para pelatih yang kita miliki, merupakan para pemain dan pelatih yang handal dan berkelas serta peralatan yang mumpuni yang di-support oleh PORSIBA, dan telah beberapa kali mendapatkan prestasi baik tingkat provinsi maupun nasional diantaranya, Solo percussion tingkat nasional Tama Talent di Serang Banten Tahun 2017 atas Nama Pradhita Kamandhanu.

Solo Vibraphone Tingkat Nasional PDBI Jogjakarta 2011 atas Nama Anisya Islamiyah, Performance Closing Ceremony Islamic Solidarity Games Tahun 2013 di Jakabaring Palembang, Performance Opening Open Badminton Tahun 2013 di PSCC Palembang, Juara 1 PON dipl Palembang Tahun 2004 dan Juara 1 Drum Battle Bandung Tahun 2010.

“Kami menghaturkan apresiasi dan terima kasih yang tak terhingga atas dukungan dan bantuan dari semua pihak, sehingga acara pelantikan pada sore hari ini dapat terlaksana,” ujar mantan Manager Humas PTBA ini.

Dikatakan Iko, keberadaan Drumband dan Marchingband di Kabupaten Muara Enim bukan merupakan hal yang baru. Saat ini sebagian besar sekolah baik di tingkat dasar hingga Universitas telah menjadikan marchingband dan drumband sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Bahkan beberapa BUMN di Kabupaten Muara Enim seperti PT Bukit Asam Tbk telah memiliki Marchingband dan menjadi wadah kreatifitas dalam bermusik dan mengembangkan diri bagi masyarakat sekitarnya. Marchingband dan Drumband yang dulunya hanya dikenal masyarakat sebagai kelompok musik yang hadir saat karnaval, kini telah semakin berkembang. Pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional di Kalimantan pada tahun 2008 untuk pertama kalinya Marchingband masuk dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Tentunya hal ini merupakan langkah besar bagi kemajuan Marchingband dan Drumband di Indonesia.

Masih dikatakan Iko, bahwa PDBI sebagai organisasi yang menaungi Drumband dan Marchingband di Indonesia menjadi harapan bagi kemajuan dunia Marchingband. PDBI diharapkan menjadi motor penggerak bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Tidak hanya itu hadirnya PDBI juga diharapkan mampu menjadi pendorong sektor pariwisata melalui pelaksanaan event baik di tingkat kabupaten/kota, Provinsi dan Nasional. Begitupun PDBI Muara Enim, kami akan berusaha mewadahi kelompok-kelompok Marchingband dan Drum Bund yang ada di Muara Enim sehingga menjadikan Marchingband dan Drumband menjadi kegiatan yang prestige, membanggakan bagi atlit dan pencintanya, serta dapat membentuk generasi yang berkualitas, memiliki skil, berkarakter, disiplin dan memiliki jiwa korsa (kekompakan) yang tinggi. Hal ini sejalan dan dapat mendukung visi Kabupaten Muara Enim, “Muara Enim Untuk Rakyat Yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera”.

“Tanggal 7 Oktober 2021, bertepatan dengan Hari Jadi PDBI ke 44 Tahun, kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dan amanah yang telah diberikan kepada kami sebagai pengurusan PDBI Kabupaten Muara Enim periode 2021 – 2025. Dan Kami

mengharapkan dukungan dari semua pihak, peran serta aktif dari seluruh pengurus untuk bersama-sama meningkatkan kredibilitas organisasi dan meningkatkan kualitas Marchingband dan Drumband dilingkungan PDBI Kabupaten Muara Enim,” jelasnya.

Sehubungan dengan agenda kegiatan kontingen atlit, Pelatih dan pengurus PDBI PengKab Muara Enim yaitu akan melaksanakan Training Camp (TC) yang dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2021 s/d 31 Oktober 2021 di Gedung Olahraga Kabupaten Muara Enim. Maka kami mengharapkan dukungan dan kerjasama dari Bupati Muara Enim dan perangkat pemerintahan yang ada di Muara Enim guna terlaksananya kegiatan dan kesuksesan kontingen atlit yang mewakili Kabupaten Muara Enim dalam melaksanakan kegiatan porprov tersebut, tutupnya.

Ketua Umum Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Provinsi Sumsel Drs H Riza Fahlevi MM, mengatakan bahwa kehadiran PDBI bukan saja memikirkan kesejahteraan atlit dan pelatih, tetapi juga diharapkan mampu menjadi pendorong sektor pariwisata melalui pelaksanaan event di tingkat kabupaten/kota, provinsi bahkan nasional. Untuk kedepan, pengurus PDBI harus kompak dan SEHAT (Silaturahmi, Empati, Harmonis, Administrasi dan Tangguh).

“Jangan ada dusta di antara Kita, bangun chemistry kedekatan dan kebatinan agar organisasi kita ini jalan. Jika ada masalah bangun keharmonisan dan adil,” tegasnya.

Sementara itu Bupati Muara Enim melalui Pj Sekda Muara Enim Drs H Emran Thabrani MSi, bahwa saat ini banyak sekolah baik di tingkat dasar hingga Universitas telah menjadikan marchingband dan drumband sebagai salah satu kegiatan ekstra kurikuler. Bahkan beberapa perusahaan di Kabupaten Muara Enim yang dimotori oleh PTBA telah memiliki drumband dan marching band dan menjadi wadah kreativitas dalam bermusik bagi masyarakat sekitarnya. Maka dari itu, PDBI sebagai organisasi yang menaungi drumband dan marching band di Indonesia menjadi harapan dan motor penggerak bagi peningkatan sumber daya manusia. Tidak hanya itu hadirnya PDBI juga diharapkan mampu menjadi pendorong sektor pariwisata maksudnya nanti ini menjadi hiburan bagi wisatawan sehingga bisa menarik wisatawan lokal maupun mancanegara ke bumi Serasan Sekundang ini.

Kedepan, lanjut Emran, dalam kepengurusan yang baru ini menjadi harapan kita bersama agar dapat terus melakukan pembinaan sehingga melahirkan atlet-atlet berprestasi dan dapat menjadi salah satu modal untuk membangun karakter Masyarakat khususnya generasi muda ke arah yang lebih baik. Besarnya potensi drumband dan marching band di Kabupaten Muara Enim tentu menjadi sebuah energi baru Bagi pengurus PDBI untuk membuat program-program berkualitas terlebih pada event dan berbagai perlombaan yang akan datang.

“Saya ucapkan selamat kepada kepengurusan PDBI Muara Enim yang baru dilantik semoga bisa mencapai target 3 Emas dari 5 Emas yang diperebutkan. Inventaris segera drumband-drumband yang ada di seluruh Kabupaten Muara Enim sehingga pola pembinaan dan tukar pengalaman agar setiap sekolah itu punya acuan dalam setiap perlombaan,” harapnya.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Babinsa Kelurahan TES Ajak Tanamkan Pendidikan Karakter Islami ke Anak-Anak

Muaraenim, Detik Sumsel- Babinsa kelurahan Tanjung Enim Selatan (TES) Serda Nyamadi hadiri peresmian gedung TPA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *